1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
28 Agustus 2020 11:21

Hukum dan adab mendengarkan khutbah Jumat untuk orang Islam

Salah satu adabnya adalah hindari melakukan hal nggak penting, seperti main HP. Shofia Nida
foto: freepik

Brilio.net - Dalam Islam, hari Jumat merupakan hari paling istimewa dibandingkan enam hari lainnya dalam satu minggu. Namun bukan berarti hari lainnya adalah hari yang buruk, karena pada dasarnya semua hari adalah baik. Hari Jumat memiliki kemuliaan tersendiri karena pada hari tersebut ada nilai sejarah Islam.

Banyak sekali amalan yang disunnahkan bagi seorang Muslim pada hari Jumat, salah satunya adalah sholat Jumat. Sholat Jumat ini wajib dikerjakan oleh seorang laki-laki beragama Islam. Hukum sholat Jumat bagi laki-laki ialah wajib karena sholat Jumat seperti halnya sholat lima waktu.

BACA JUGA :
Bacaan sholawat Tibbil Qulub, Arab, Latin, dan artinya


Pernyataan tersebut berdasarkan sebuah dalil dalam Alquran yang sudah disepakati oleh para ulama. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (28/8), dalam Alquran surat Al Jumuah ayat 9, Allah berfirman:

yaa ayyuhallaziina aamanuu izaa nudiya lis-salaati miy yaumil-jumu'ati fas'au ilaa zikrillaahi wa zarul baii', zaalikum khairul lakum ing kuntum ta'lamun

BACA JUGA :
Jenis bid'ah dan cara menghindarinya dalam Islam

Artinya:

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Hadits Rasulullah yang membahas mengenai kewajiban sholat Jumat juga menjelaskan bahwa:

"Jumatan adalah hak yang wajib atas setiap Muslim dengan berjamaah, selain atas empat (golongan), yakni budak sahaya, wanita, anak kecil atau orang yang sakit." (HR. Abu Daud)

"Sholat Jumat itu adalah kewajiban bagi setiap Muslim dengan berjamaah kecuali atau tidak diwajibkan atas 4 orang yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang yang sedang sakit." (HR. ABu Daud)

Untuk menjalankan sholat Jumat, terdapat beberapa syarat sah sholat Jumat. Salah satunya adalah harus dilakukan secara berjamaah dan didahului dengan dua khutbah Jumat.

Khutbah pertama disampaikan oleh Khatib dengan memuji Allah, bersholawat, mengucap syahadat dan menyampaikan pesan kebaikan menurut agama Islam. Sesudah khutbah pertama, kemudian khatib duduk sejenak lalu berdiri untuk menyampaikan khutbah kedua diakhiri dengan doa.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags