1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
17 November 2023 07:45

Bukan pakai desinfektan, ini cara hilangkan jamur di pagar besi pakai tambahan 1 cairan pembersih

Kalau pagar di rumahmu juga dipenuhi dengan noda jamur, jangan buru-buru dicat ulang. Dewi Suci Rahmadhani
Gosokkan ke seluruh permukaan pagar yang dipenuhi noda jamur.

Pagar besi paling banyak digunakan karena lebih awet dan tahan lama. Namun, kalau tidak rutin dibersihkan, pagar besi juga bisa bernoda bahkan hingga berjamur. Jamur dapat tumbuh karena pagar sering terkena air dan bercampur dengan debu yang menumpuk.

Kalau pagar di rumahmu juga dipenuhi dengan noda jamur, jangan buru-buru dicat ulang. Kamu bisa mencoba membersihkan noda jamur tersebut dengan menggunakan beberapa bahan pembersih. Hal itu juga yang dilakukan oleh akun TikTok @secaseptiawan yang memberikan trik mudah membuat pagar besi kembali kinclong dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

BACA JUGA :
11 Desain unik pagar rumah ini beda dari yang lain, ada bentuk sepeda


foto: TikTok/@secaseptiawan

Dilansir brilio.net pada Jumat (17/11), untuk membersihkan noda jamur pada pagar besi, kamu membutuhkan beberapa bahan, seperti wadah baskom berisi air, sitrun, sabun cuci piring, dan spons cuci piring. Pertama, masukkan sitrun ke dalam baskom yang sudah terisi air. Setelah itu, masukkan sabun cuci piring secukupnya.

BACA JUGA :
Penampakan pagar melayang ini bikin geleng kepala lihatnya, unik abis

Sitrun adalah asam organik lemah yang kerap ditemukan pada buah jeruk. Selain itu, asam sitrat juga dapat terbentuk dari fermentasi berbasis jamur Aspergillus niger. Maka nggak heran kalau sitrun bisa membantu menghilangkan noda jamur yang membandel pada permukaan benda.

foto: TikTok/@secaseptiawan

Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur secara merata. Lalu gunakan cairan tersebut untuk membersihkan pagar besi. Gunakan spons cuci piring dan sarung tangan saat membersihkan pagar.

Gosokkan ke seluruh permukaan pagar yang dipenuhi noda jamur. Setelah itu, lap pagar dengan kain bersih dan hasilnya pagar besi yang awalnya dipenuhi jamur jadi bersih dan kinclong lagi bak baru.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags