1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
5 Juli 2022 20:45

Arti syahadat lengkap beserta makna dan keutamaannya

Kalimat syahadat menjadi bacaan zikir yang paling utama di mata Allah SWT. Kharisma Alfi Tiara
Keutamaan membaca syahadat

Keutamaan membaca syahadat.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Bacaan kalimat syahadat Arab & latin, lengkap makna dan keutamaannya


Adapun keutamaan membaca syahadat, di antaranya sebagai berikut:

1. Memperoleh jaminan surga.

BACA JUGA :
Rukun syahadat, bahasa Arab beserta maknanya

Terdapat sebuah hadis yang menjelaskan bahwa dengan membaca kalimat syahadat dapat membawa umat muslim menjadi penghuni surga.

"Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga." (HR. Abu daud)

2. Mendapat 8 kunci pintu surga.

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

"Barang siapa mengucapkan : "Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah SWT semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, dan bersaksi bahwa Isa adalah hamba Allah dan anak dari hamba-Nya dan kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam serta Ruh dari-Nya dan bersaksi pula bahwa surga adalah benar adanya dan neraka pun benar adanya", maka Allah pasti akan memasukkannya ke dalam surga dari delapan pintu surga yang mana saja yang dia kehendaki." (HR. Muslim)

Hadis tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang senantiasa membaca dan mengucapkan kalimat syahadat maka dapat menjadi penghuni surga dengan cara masuk melalui salah satu dari delapan pintu surga yang kita sukai.

3. Kebaikan yang paling utama.

Pada suatu kisah, Abu dzar pernah bertanya pada Rasulullah: "Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajari aku amalan yang dapat menjauhkanku dari neraka."

Kemudian Nabi Muhammad bersabda, "Apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapat sepuluh yang semisal."

Lalu Abu dzar berkata, "Wahai Rasulullah apakah kalimat laa ilaaha illallah merupakan kebaikan? Rasulullah bersabda "Kalimat itu merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan."

4. Syahadat adalah dzikir yang utama.

Dzikir adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim, sebab dengan dzikir manusia senantiasa mengingat Allah dalam keadaan apapun. Meskipun terdapat berbagai macam bacaan dzikir yang bisa dibaca, namun kalimat syahadat menjadi bacaan dzikir yang paling utama di mata Allah SWT.

5. Menumbuhkan sikap tawakal.

Tawakal adalah kepercayaan hati terhadap Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Seseorang yang tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT, maka jiwanya akan selalu tenang dan tidak bingung jika menemukan berbagai macam masalah yang dihadapi, karena sudah menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Seseorang yang berzikir setiap hari mengucap kalimat syahadat maka akan tumbuh sifat tawakal di dalam dirinya.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags