1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
5 Juli 2022 20:45

Arti syahadat lengkap beserta makna dan keutamaannya

Kalimat syahadat menjadi bacaan zikir yang paling utama di mata Allah SWT. Kharisma Alfi Tiara
Arti dan makna syahadat

Arti dan makna syahadat.

foto: freepik.com

BACA JUGA :
Bacaan kalimat syahadat Arab & latin, lengkap makna dan keutamaannya


Melansir dari jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan UIN Sumatera Utara, kata syahadat berasal dari bahasa Arab, yaitu 'syahida' yang berarti telah bersaksi. Sedangkan arti syahadat secara harfiah adalah memberikan kesaksian dan memberikan pengakuan. Syahadat terdiri dari dua kalimat bersaksi, ini bisa disebut dengan Syahadatin yaitu:

1. Ayshadu An-la ilaha illallah, artinya saya bersaksi tiada tuhan selain Allah

BACA JUGA :
Rukun syahadat, bahasa Arab beserta maknanya

Dengan mengucap syahadat tauhid, berarti setiap manusia mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah, bahwa Allah hanya satu. Maka dari itu, umat muslim diwajibkan menyembah kepada Allah dan menjalankan perintah Allah.

2. Wa Ayshadu Anna Muhammadar Rasulullah, artinya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (Hamid Ahmad At-Thahir, 2010).

Sementara dalam syahadat rasul, berarti setiap umat muslim mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah benar-benar Rasul Allah. Rasul Allah adalah utusan Allah.

Kalimat syahadat wajib dipahami dan dilafalkan secara benar. Karena dari kalimat syahadat inilah bukti bahwa seseorang yakin dan bersaksi terhadap Allah yang patut disembah dan nabi Muhammad adalah utusan-Nya.

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat maka seseorang akan menjadi seorang muslim. Setelah menjadi muslim tugas belum selesai, seseorang tersebut harus yakin dan taat untuk mengamalkan segala perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags