1. Home
  2. ยป
  3. Wow!
13 Februari 2023 23:25

11 Manfaat wortel untuk bayi, baik untuk makanan pendamping ASI

Wortel kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, serat, kalium, dan folat. Shofia Nida
foto: pixabay.com

Brilio.net - Ketika seorang ibu memiliki seorang bayi, ia harus menjaga dan merawat anaknya tersebut hingga tumbuh dewasa. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bayi agar ia tumbuh jadi anak yang sehat. Hal ini mencakup segala aspek kesehatan bayi mulai dari pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, fungsi sistem organ yang normal, dan kemampuan bayi untuk melawan penyakit dan infeksi.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi meliputi nutrisi, lingkungan yang sehat, asupan cairan yang cukup, imunisasi, tidur yang cukup, stimulasi sensorik dan kognitif yang tepat, serta lingkungan sosial yang stabil dan aman.

BACA JUGA :
11 Manfaat wortel untuk ibu hamil, dapat mencegah kram otot hingga meningkatkan kekebalan tubuh


Jadi faktor utama kesehatan bayi, nutrisi yang masuk ke tubuh bayi harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua. Terutama makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuhnya. Ketika lahir, bayi hanya diperbolehkan mengonsumsi air susu ibu (ASI) atau susu yang sudah diformulasikan sesuai umurnya. Setelah usianya menginjak 6 bulan, bayi baru diperbolehkan mendapatkan makanan selain ASI. Makanan ini sering disebut dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

Agar bayi cukup nutrisi, disarankan makanan bayi mengandung karbohidrat, protein nabati, protein hewani, dan serat yang bisa didapatkan dari sayuran. Salah satu sayuran yang baik digunakan untuk MPASI yakni wortel.

Wortel adalah makanan yang sangat baik untuk bayi karena kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, serat, kalium, dan folat. Dari nutrisi yang didapatkan wortel tersebut, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh bayi. Berikut 11 manfaat wortel untuk bayi, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (13/1).

BACA JUGA :
Hanya 4 langkah, begini cara mudah membuat minyak wortel sendiri di rumah untuk menyamarkan flek hitam

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags