1. Home
  2. ยป
  3. Serius
23 April 2020 15:08

Pengertian manajemen pendidikan Islam, fungsi dan juga cirinya

Ilmu ini bisa diterapkan dalam berbagai bidang dan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan Rizka Mifta
foto: unsplash.com

Brilio.net - Manajemen merupakan sebuah proses seseorang ketika mengatur sesuatu, baik yang dikerjakan secara individu maupun kelompok. Ilmu menajemen sangat dibutuhkan dalam berbagai pekerjaan. Ilmu manajemen kerap dikaitkan dengan kehidupan bisnis. Padahal ilmu ini bisa diterapkan dalam berbagai bidang dan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan.

Kata manajemen bersumber dari bahasa Inggris yakni 'manage' yang memiliki arti mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan dan memimpin. Manajemen merupakan suatu seni di dalam proses dan ilmu pengorganisasian. Dengan kata lain manajemen adalah sebuah seni untuk mengatur sesuatu, baik orang maupun pekerjaan.

Sedangkan secara etimologi atau bahasa kata manajemen diambil dari bahasa Prancis kuno, yaitu management, yang artinya adalah seni dalam mengatur dan melaksanakan. Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efisien dan efektif.

Di dalam ilmu manajemen kamu juga perlu mengetahui adanya manajemen pendidikan Islam. Yaps, sesuai dengan namanya. Ilmu ini untuk mengelola lembaga pendidikan Islam berdasarkan tuntunan agama Islam. Manajemen pendidikan Islam juga memiliki ciri yang membedakannya dengan yang lain. Begitu juga dengan fungsinya, ada manfaat tersendiri yang diberikan manajemen pendidikan Islam kepada masyarakat.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (23/4), berikut pengertian manajemen pendidikan Islam, fungsi dan juga cirinya.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags