1. Home
  2. ยป
  3. Serius
30 Juni 2020 01:01

Keutamaan dan arti surat Al Kafirun dalam Alquran

Surat yang ditakuti oleh iblis Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Surat Al Kafirun adalah salah satu surat yang ada di dalam Alquran. Surat Al Kafirun termasuk dalam golongan surat Makkiyah karena diturunkan saat Nabi Muhammad sedang berada di Mekkah dan diturunkan setelah surat Al Maun.

Al Kafirun merupakan surat ke-109 yang terdiri dari 6 ayat. Surat ini berisi tentang toleransi dalam keimanan dan peribadahan. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/6), surat Al-Kafirun turun pada saat kaum kafir Quraisy berusaha memengaruhi Nabi Muhammad SAW.

Kaum tersebut menawarkan kekayaan kepada Nabi Muhammad agar beliau menjadi seseorang yang paling kaya di kota Makkah, dan akan menikah dengan perempuan yang beliau inginkan. Namun para kaum kafir memiliki syarat, yaitu Rasulullah harus menyembah berhala yang telah menjadi Tuhan mereka dalam waktu satu tahun.

Namun secara umum, surat Al Kafirun mengandung pernyataan bahwa Nabi Muhammad tidak akan menyembah Tuhan selain dari Allah dan tidak akan mengikuti apa yang diserukan oleh orang-orang kafir. Hal ini menjadi penegas dan pembeda antara agama Islam dan agama yang dianut oleh orang-orang kafir.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags