1. Home
  2. ยป
  3. Serius
27 Agustus 2020 02:03

Bacaan sholawat Ibrahimiyah dan keutamaannya dalam Islam

Allah SWT dan para malaikat pun bersholawat. Bukan alasan untuk umat muslim jika tidak mau bersholawat Shofia Nida
foto: freepik.com

Brilio.net - Seorang muslim yang membaca sholawat kepada Nabi Muhammad sama seperti memohon atau berdoa kepada Allah untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam agar selalu dilimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Sholawat merupakan salah satu dzikir yang sangat dianjurkan untuk dibaca secara istiqamah oleh siapa pun. Sholawat adalah bentuk cinta seorang muslim kepada Rasulullah. Membaca sholawat dengan sesering mungkin akan membantu setiap hamba untuk lebih dekat dan senantiasa mengingat akan kebesaran Allah.

Pada dasarnya tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat nanti seorang muslim mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (27/8), hukum bersholawat dijelaskan di dalam Alquran. Bahkan tak hanya manusia, Allah SWT dan para malaikat pun bersholawat. Dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56, Allah berfirman:

BACA JUGA :
Bacaan sholawat Tibbil Qulub, Arab, Latin, dan artinya


Innallaaha wa malaa'ikatahu yusalluna 'alan-nabiyy, yaa ayyuhallaziina aamanu sallu 'alaihi wa sallimu tasliimaa

Artinya:
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Ada beberapa jenis sholawat yang diriwayatkan para ulama, salah satunya adalah sholawat Ibrahimiyah. Sholawat Ibrahimiyah merupakan bacaan sholawat yang paling penting karena sholawat tersebut adalah satu-satunya sholawat yang dibaca selesai tahiyat akhir dalam sholat.

Sementara itu sebagian ulama mengatakan bahwa membaca sholawat Ibrahimiyah sebanyak seribu kali dapat menjadikan pembacanya melihat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

Bacaan sholawat Ibrahimiyah.

"Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid."

Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.

Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung."

BACA JUGA :
Bacaan sholawat munjiyat beserta keutamaan membacanya bagi umat muslim

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags