1. Home
  2. ยป
  3. Serius
1 Juli 2020 01:02

Manfaat membaca sholawat bagi umat muslim, bagus dibaca setiap hari

Jangankan manusia, Allah dan malaikat juga bersholawat untuk Nabi Muhammad Shofia Nida

Brilio.net - Sholawat merupakan bentuk jamak dari kata sholat yang artinya doa. Karenanya ketika seorang muslim membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, berarti sama saja seperti seseorang memohon atau berdoa kepada Allah Subhanahu wata'ala untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam agar selalu dilimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Pada dasarnya tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat nanti seorang muslim mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dalam suatu hadits Rasulullah bersabda:

"Apabila salah satu di antara kamu (manusia) membaca sholawat, sebaiknya diawali dengan mengagungkan nama Allah ta'ala dan memujinya, setelah itu barulah membaca sholawat kepada nabi, setelah itu barulah dapat berdoa sesuai doa yang dinginkan."
(HR.Ahmad, Abu dawud dan tirmidzi)

Terdapat macam-macam sholawat nabi yang dianjurkan untuk dibaca setiap hari seperti sholawat nariyah, sholawat ibrahimiyah, sholawat munjiyat, sholawat nuril anwar, sholawat badriyah, dan beberapa jenis sholawat lainnya.

Doa nabi merupakan syafaat, dan semua ulama telah sepakat bahwa doa nabi tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Selain itu, ada pula hadist nabi tentang sholawat. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada." (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Dalam Alquran surat An Nisa ayat 86, Allah berfirman:

BACA JUGA :
Macam-macam bacaan sholawat nabi lengkap dengan arti dan keutamaannya


Wa izaa huyyiitum bitahiyyatin fa hayyu bi'ahsana min-haa au rudduhaa, innallaaha kaana 'alaa kulli syai'in hasiibaa

Artinya:
"Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu."

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags