Lolos ke final Qatar 2022, ini 5 rekor Argentina di partai puncak Piala Dunia dari masa ke masa

1. Argentina vs Uruguay (Final Piala Dunia 1930)

1. Argentina vs Uruguay (Final Piala Dunia 1930).

foto: Twitter/@chami6073

Pada Piala Dunia edisi pertama, Argentina berhasil lolos ke partai final melawan tuan rumah Uruguay. Pada Piala Dunia yang masih serba sederhana ini ada kejadian unik pada pertandingan babak final. Piala Dunia 1930 ini belum ada bola official sehingga setiap timnas membawa bola dari negaranya masing-masing.

Sebelum kick off laga final antara Argentina vs Uruguay. Kedua tim berselisih bola mana yang akan digunakan. Bola Tiento dari Argentina, atau T-Model dari Uruguay. FIFA, selaku mediator akhirnya memutuskan menggunakan bola milik Argentina dulu di babak pertama. Sedangkan babak kedua dimainkan dengan T-Model Uruguay.

Argentina berhasil unggul dengan skor 2-1 di babak pertama dengan bola mereka. Namun, Uruguay membalas di babak kedua dengan bola T-Model milik mereka yang membuat skor akhir menjadi 4-2 untuk kemenangan Uruguay.

2. Argentina vs Belanda (Final Piala Dunia 1978).

foto: Twitter/@FootballWitball

48 Tahun kemudian, La Albiceleste berhasil lolos lagi ke babak final, tepatnya pada Piala Dunia 1978 saat Argentina bertindak sebagai tuan rumah. Lawannya adalah kontestan asal Eropa yang tampil cukup gemilang, yakni Belanda.

Belanda yang gagal meraih juara di final Piala Dunia sebelumnya, kembali menembus partai final. Misi untuk membawa pulang trofi emas jadi target utama De Oranje.

Sementara itu, Argentina juga punya misi yang sama. Mengingat mereka adalah tuan rumah dan tampil di final di depan pendukung sendiri. Selain itu, pertemuan dengan Belanda saat itu juga mereka jadikan sebagai ajang balas dendam karena telah dibantai 4-0, empat tahun sebelumnya di Piala Dunia 1974.

Hasilnya, Argentina berhasil mengukir sejarah dengan keluar menjadi juara untuk pertama kalinya. Di pertandingan tersebut, kedua tim awalnya bermain sama kuat dengan skor 1-1 sampai waktu normal.

Di babak perpanjangan waktu, Mario Kempes tampil sebagai pahlawan Argentina setelah berhasil membobol gawang Belanda pada menit ke-105. Daniel Bertoni juga berhasil menambah keunggulan dengan golnya pada menit ke-115.


(brl/jad)