1. Home
  2. ยป
  3. Korea
12 Februari 2022 23:59

11 Drama Korea bertema kerajaan, penuh intrik dan skandal politik

Drama-drama tersebut hadir dengan beragam kisah dan plot cerita yang membuat drama ini tidak hanya soal sejarah semata. Suhairi
foto: imdb.com

Brilio.net - Drama Korea bertema kerajaan banyak berkisah tentang masa Korea sebagai sebuah kerajaan. Salah satu dinasti kerajaan yang cukup mendapat perhatian untuk diadaptasi menjadi sebuah drama adalah Dinasti Joseon, dinasti yang berkuasa cukup panjang di Korea.

Drama-drama tersebut hadir dengan beragam kisah dan plot cerita yang membuat drama ini tidak hanya soal sejarah semata, melainkan juga memuat kisah cinta para karakternya atau kisah tentang cerita rakyat dan mitos rakyat Korea.

BACA JUGA :
13 Drama Korea di Netflix berbagai genre, menarik dan antibosan


Selain itu, drama-drama tersebut penuh dengan intrik dan skandal politik yang menandakan gaya khas sebuah kerajaan. Apalagi ketika sebuah pemerintahan tidak stabil, maka potensi pemberontakan dan penyelewengan bisa lebih besar.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (12/2), berikut 11 drama Korea bertema kerajaan, penuh intrik dan skandal politik.

1. The Red Sleeve (2021).

BACA JUGA :
11 Drama hantu Korea yang malah banyak bikin ketawa, gokil abis

foto: imdb.com

Drama Korea The Red Sleeve mengisahkan seorang putra mahkota bernama Yi San (Lee Jun-ho atau Junho 2PM) yang menjadi penerus utama kerajaan. Oleh sebab itu, Yi San berusaha keras untuk menjadi raja yang sempurna. Namun, kehati-hatiannya mulai sirna setelah bertemu perempuan ambisius bernama Sung Deok-im (Lee Se-young) di pengadilan.

Drama Korea The Red Sleeve menjadi salah satu drama Korea yang banyak ditonton dan berhasil memuncaki drama Korea terpopuler pada awal Desember 2021. Capaian ini tentu saja berkat kerja keras semua pihak yang berhasil menampilkan cerita yang menarik, tidak hanya bagi masyarakat Korea Selatan, melainkan juga untuk seluruh penggemar drama Korea di seluruh dunia. Meraih atensi yang cukup tinggi, The Red Sleeve diputuskan untuk ditambah satu episode lagi.

2. Moonshine (2021).

foto: mydramalist.com

Moonshine merupakan drama Korea yang mengisahkan sejarah larangan alkohol pada era Joseon. Moonshine merupakan jenis minuman keras yang diproduksi secara tradisional yang dianggap ilegal. Karena itu, siapa pun memproduksi dan bahkan meminumnya dapat berbuah penjara.

Drama ini menggambarkan periode hukum larangan meminum dan mengedarkan alkohol paling ketat dalam sejarah Joseon. Walaupun dipenuhi dengan berbagai ketegangan, drama ini juga dipenuhi dengan cerita romantis antara Yoo Seung-ho dan Lee Hye-ri.

3. The King's Affection (2021).

foto: imdb.com

The King's Affection mengisahkan nasib anak yang kembar yang harus berjuang agar tetap hidup. Berlatar dinasti Joseon, seorang Permaisuri Putri Mahkota (Park Eun-bin) melahirkan anak kembar yang berbeda jenis kelamin. Menurut kepercayaan saat itu, bayi perempuan harus dibunuh untuk menghindari kutukan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Sang permaisuri kerajaan kemudian melakukan cara apa pun untuk membawa keluar putrinya dari istana dan membiarkan putranya hidup di lingkungan istana. Sampai suatu ketika, sang putra meninggal dunia dan sang permaisuri meminta putrinya yang dulu diselamatkan kembali ke istana dengan menyamar sebagai putranya. Serial ini berhasil meraih rating tertinggi sejak penayangan perdananya dan bertahan sampai episode terakhir.

4. The Tale of Nokdu (2019).

foto: imdb.com

Berlatarkan dinasti Joseon, The Tale of Nokdu berkisah tentang seorang pria yang menyamar sebagai seorang wanita untuk memasuki desa misterius khusus wanita untuk mencari kebenaran tentang kelahirannya. Di desa tersebut, ia kemudian bertemu dengan seorang wanita muda yang tidak ingin menjadi kisaeng atau wanita penghibur agar bisa membalas dendam pada keluarganya.

5. 100 Days of My Prince (2018).

foto: imdb.com

Drama Korea 100 Days of My Prince berkisah tentang seorang putra mahkota kerajaan di Joseon bernama Lee Yool (Do Kyung-soo) yang menghilang selama 100 hari dari istana. Lee Yool adalah orang yang perfeksionis, keras kepala, dan sering bersikap acuh.

Namun, ia kemudian tiba-tiba menghilang secara tiba-tiba setelah jatuh dari tebing yang membuatnya luka berat. Lee Yool kemudian bertemu dengan Yeon Hong-shim, wanita bangsawan yang menjadi agen solusi pertama di Joseon dan mereka saling menyimpan perasaan satu sama lain sejak pertemuan pertama.

6. Hwarang: The Poet Warrior Youth (2016).

foto: imdb.com

Hwarang: The Poet Warrior Youth merupakan kisah sekumpulan pemuda elit yang berjuang akan cinta, gairah, serta kesetiaan pada Raja Silla. Kisah persahabatan yang terjadi dalam kekacauan Kerajaan Silla (57 SM 935 SM) pada masa pemerintahan Raja Jinheung atau dikenal juga dengan nama Sammaekjong. Raja Jinheung disembunyikan di luar Seorabeol, Ibu Kota Kerajaan Silla.

Sementara itu, ibunya, Ratu Jisoo memerintah kerajaan. Sang Ratu sengaja menyembunyikan putranya karena ia khawatir putranya akan dibunuh oleh bangsawan lain yang ingin merebut tahtanya. Sebagai upaya melindungi sang putra dan mematahkan kekuatan para bangsawan, Ratu Jisoo membentuk pasukan elit Hwarang sebagai prajurit untuk melindungi raja dan kerajaan.

7. Love in the Moonlight (2016).

foto: imdb.com

Love in the Moonlight merupakan drama Korea yang didasarkan novel Moonlight Drawn by Clouds yang pertama kali tayang di Naver pada 2013. Drama ini menghadirkan kisah masa depan tentang pertumbuhan Putra Mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) dari seorang anak laki-laki menjadi raja yang dihormati dan hubungannya yang tidak mungkin dengan kasim Hong Ra-on (Kim Yoo-jung). Kisah cinta terlarang mereka menjadi salah satu hal menarik dalam drama Korea Love in the Moonlight ini.

8. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Rye mengisahkan saat Go Hae-jin terlempar ke masa lalu saat gerhana matahari total. Ia terbangun dalam tubuh seorang Hae Soo yang hidup saat Dinasti Goryeo masih berdiri pada 941 M. Hae Soo merupakan salah satu pangeran dari keluarga Wang yang berkuasa dan selama pemerintahan Raja Taejo.

Moon Lovers merupakan drama Korea yang menggabungkan perjalanan waktu dan reinkarnasi sehingga Hae Soo mengetahui takdir para pangeran dan ia mencoba mengubah jalannya sejarah. Drama ini ditutup dengan plot twist yang sama sekali tak terduga dan membuat para penonton ikut merasakan hal pilu yang dialami Hae Soo.

9. The Moon Embracing the Sun (2012).

foto: imdb.com

The Moon That Embraces the Sun menceritakan kisah cinta Raja Lee Hwon dan seorang peramal bernama Shaman Wol atau yang dikenal dengan nama Heo Yeon-woo. Mereka berdua pertama kali bertemu saat mereka masih remaja. Kala itu, Wol masih bernama Heo Yeon-woo dan dikenal sebagai putri bangsawan, sedangkan Lee Hwon menjadi putra mahkota.

Mereka hampir saja menikah, tetapi hal itu digagalkan oleh Ibu Suri yang ingin menjodohkan Lee Hwon dengan Yoon Bo-kyung. Ibu Suri pun menyusun rencana jahat untuk membunuh Yeon-woo hingga dibuat hilang ingatan dan menjadi seorang peramal yang ada di luar istana.

10. The Empress Ki (2013).

foto: imdb.com

Drama Empress Ki merupakan kisah nyata Ratu Ki di Korea. Ki Seungnyang, seorang wanita kelahiran Goryeo yang naik ke tampuk kekuasaan meskipun ada batasan sistem kelas era. Ia kemudian menikahi Toghon Temr (Kaisar Kekaisaran Mongol) untuk menjadi permaisuri Dinasti Yuan dan bukan cinta pertamanya, Wang Yu. Drama ini berhasil menyoroti ambisi politik sang permaisuri dan sikapnya kepada orang yang pernah dicintainya.

11. The Great Queen Seondeok (2009).

foto: imdb.com

Pernahkah Korea dipimpin oleh seorang ratu? Jawabannya pernah. Dialah Queen Seondeok, Ratu pertama dalam sejarah peradaban kerajaan Korea. Queen Seondeok memimpin saat Korea dikuasai oleh Dinasti Kerajaan Silla yang saat itu ditunjuk langsung oleh Raja King Jinheung yang sudah sekarat melalui surat wasiat.

Penunjukan Seondeok sebagai putri mahkota membuat seluruh jajaran kerajaan kaget dan melahirkan beberapa pemberontakan dari internal kerajaan. Drama ini merupakan drama kolosal Korea yang penuh intrik di internal kerajaan dan berhasil menarik perhatian penonton, terutama penonton Korea.


SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags