1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
29 Mei 2017 23:35

Traveling saat puasa? 5 destinasi ini ramah dikunjungi saat Ramadan

Urusan makanan halal, jangan khawatir. Andry Trysandy Mahany

Brilio.net - Traveling masih bisa dilakukan sambil berpuasa. Selain ada tips-tipsnya tersendiri, kamu juga harus pintar-pintar memilih destinasi yang cocok kamu sambangi saat menjalankan ibadah puasa.

Tak melulu di dalam negeri, beberapa destinasi di negara lain juga sangat ramah dikunjungi saat Ramadan meski penduduk muslimnya terbilang sedikit.

BACA JUGA :
10 Potret indahnya Telunas Private Island, pulau di Riau yang memesona


Mana saja? Berikut ulasannya seperti yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/5).

1. Jepang.

BACA JUGA :
Mau keliling Nusantara? Cek yuk kota yang cocok untuk kamu jelajahi!


foto: japantimes.co.jp


Jumlah masjid dan restoran halal di Negeri Sakura terus bertambah. Beberapa toko yang memiliki tulisan 'We Sell Halal Japanese Products' juga terus bertambah. Jadi nggak perlu bingung untuk mencari tempat berbuka dan sahur ketika berada di Jepang.

Untuk urusan tempat ibadah, meskipun tidak selalu dalam wujud masjid besar, beberapa tempat umum juga menyediakan area untuk salat. Selain itu, pilihan hotel untuk wisatawan muslim juga banyak tersedia, seperti Agora Place - Asakusa di Tokyo, Hotel Springs Makuhari di Chiba, atau Dontonbori Hotel di Osaka.

Rata-rata hotel tersebut menyediakan makanan halal, perlengkapan ibadah yang dapat dipinjam, hingga penunjuk kiblat.

2. Taiwan.


foto: coe.uga.edu


Taiwan terus bersolek agar lebih ramah terhadap wisatawan muslim dengan menambah fasilitas ibadah serta sertifikasi halal untuk restoran di berbagai tempat populer di Taiwan. Jumlah masjid di Kota Taipei juga terbilang cukup banyak, seperti Masjid Agung Taipei, Masjid Kaohsiung, Masjid Longgang, Masjid Taichung, Masjid Tainan, dan Masjid Budaya Taipei.

3. Bangkok, Thailand.


foto: halallivingthailand.com


Meski mayoritas beragama Budha, namun Kota Bangkok, Thailand juga bisa dianggap sebagai destinasi paling ramah dikunjungi saat Ramadan. Masjid di Bangkok jumlahnya tak sedikit.

Belum lagi dengan adanya aplikasi 'Thailand Muslim Friendly' yang bisa digunakan untuk mencari masjid beserta makanan halal. Untuk destinasi wisata, banyak juga yang bertema muslim.

Misalnya saja kawasan Ko Panyi, sebuah pulau dengan mayoritas warga muslim. Ada pula Lorong Banhaw di Chiang Mai yang dikenal pula sebagai daerah China Muslim. Dan kawasan Petchaburi Soi 7, tempat surga makanan halal yang cocok disambangi saat waktu berbuka puasa.

4. London, Inggris.


foto: halalincorp.co.uk


Islam merupakan agama terbesar kedua di Britania Raya dengan persentase 2,8 %. Para warganya juga terkenal ramah dengan wisatawan muslim. Untuk tempat beribadah, ada banyak masjid yang bisa dikunjungi di Kota London, seperti London Central Mosque.

Untuk urusan makanan halal juga sudah bukan menjadi hal yang langka di kota ini. Namun yang mesti diingat, durasi puasa di Inggris tentu lebih lama jika dibandingkan dengan di Indonesia.

5. Korea Selatan.


foto: youtube.com


Meningkatnya kunjungan wisatawan muslim ke Korea Selatan dari tahun ke tahun terbaca oleh otoritas pariwisata Korea Selatan sebagai peluang besar untuk makin memajukan pariwisata.

Beberapa tahun belakangan berbagai toko dan rumah makan berlabel halal banyak bermunculan di Korea Selatan. Lebih dari itu, pusat perbelanjaan di Korea Selatan kini juga sudah dilengkapi dengan tempat ibadah yang memudahkan wisatawan muslim.

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags