1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
28 November 2016 21:28

Lubang laut terdalam di dunia ini sajikan panorama yang tak ada duanya

Menantang buat para penyelam, termasuk cocok juga untuk penyelam pemula. Ismarlina Mokodompit
Penyelam berada di Dean's Blue Hole/foto: Scoopwhoop

Brilio.net - Menyelam di lautan bersama hewan laut dan ikan warna-warni yang menghuninya, pasti menyenangkan bagi kamu yang hobi menyelam. Tapi, kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda jika melakukan itu di Dean's Blue Hole yang berada dekat kota Clarence di Long Island, Bahama. Buat kamu yang masih pemula, tenang saja. Sebab, tempat ini juga cocok buat kalian.

Dean's Blue Hole dikenal sebagai lubang laut atau lubang biru terdalam dan terbesar kedua di dunia. Blue hole adalah istilah untuk sebuah gua laut besar yang diisi air dengan pintu masuk berada di bawah permukaan laut. Keajaiban alam ini disebut lubang biru karena bagian dalamnya memiliki warna biru tua yang terlihat kontras dengan perairan dangkal di sekitarnya.

BACA JUGA :
10 Surga tersembunyi di Indonesia ini luar biasa cantik, liburan yuk!


Jika sebagian besar lubang biru dan lubang tanah mencapai kedalaman maksimum 110 meter, kedalaman Dean's Blue Hole ini lebih dari 200 meter. Lubang laut ini berdiameter 25 meter sampai 35 meter. Setelah penyelam turun pada kedalaman 20 meter, lubang akan semakin melebar jauh ke dalam gua, dengan diameter mencapai 100 meter.

Meskipun lubang ini jadi tempat yang benar-benar aman untuk menyelam, tapi orang yang belum ahli renang dan menyelam disarankan untuk tidak masuk terlalu dalam. Meski begitu nggak perlu berkecil hati sebab, sebenarnya pada kedalaman 20 meter saja penyelam sudah bisa melihat pemandangan yang menakjubkan di lubang biru ini.

Nah, berikut ini foto keindahan Dean's Blue Hole yang dikutip brilio.net dari Scoopwhoop, Senin (28/11). Jadi pengen nyelam kesana ya?

BACA JUGA :
10 Sensasi wisata luar negeri yang bisa kamu dapetin di Indonesia

1. Dean's Blue Hole yang berada dekat kota Clarence di Long Island, Bahama, dikenal sebagai lubang laut terdalam di dunia.



2. Kedalaman Dean's Blue Hole mencapai lebih dari 200 meter.



3. Lubang laut ini berdiameter mulai dari 25 meter sampai 35 meter dan cocok buat kamu yang hobi menyelam.



4. Setelah penyelam turun pada kedalaman 20 meter, lubang akan semakin melebar jauh ke dalam gua.



5. Buat kamu yang jago menyelam bisa berkunjung ke lubang biru ini.



6. Tidak ada angin dan tidak ada gelombang besar, menjadikannya tempat ini ideal bahkan untuk perenang pemula.



7. Lubang biru ini dibentuk oleh air tanah yang lebih dalam, secara bertahap melarutkan batuan kapur sampai langit-langit tanah runtuh.



8. Selanjutnya permukaan laut pun naik dan mengisi lubang tersebut dengan air.



9. Sama seperti namanya, bagian dalam lubang memiliki warna biru tua yang terlihat kontras dengan perairan dangkal di sekitarnya.



10. Jika dilihat dari permukaan laut, lubang ini tampak seperti lingkaran biru yang gelap. Tertarik piknik ke sana?

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags