Brilio.net - Ada begitu banyak yang tak biasa dan menarik di dunia ini. Sebagai contoh, ada tempat-tempat yang luar biasa dibangun baik oleh tangan manusia dan dibentuk oleh alam.

Beberapa tempat-tempat ini lebih istimewa karena mereka hanya dapat dilihat dan dikunjungi pada waktu tertentu yakni saat air laut surut. Jadi tempat menakjubkan ini akan menghilang saat air laut pasang.

Dimana saja tempatnya?

Dilansir brilio.net dari Brightside, Rabu (16/11), berikut 5 tempat di dunia yang bisa menghilang saat air laut pasang.


1. Manjuyod, Filipina.

tempat hilang saat air pasang © 2016 brightside.me

foto: Yvette Tan/cupkaye  

Hamparan pasir putih di Manjuyod benar-benar akan menghilang saat air laut pasang. Tempat ini jadi tujuan wisata paling populer di Negros Oriental. Meski para pengunjung tak dapat melihat keindahan alam tempat saat air laut pasang.


2. Kuil Stambheshwar Mahadev, India.

tempat hilang saat air pasang © 2016 brightside.me

foto: hindihaihum/indiannova

Kuil Stambheshwar Mahadev yang terletak di Kavi Kamboi, Gujarat, India begitu dekat dengan laut dan orang-orang hanya dapat beribadah di tempat ini saat air laut surut. Kuil tua berusia 150 tahun ini terletak di sekitar Teluk Cambay.


3. Mont Saint Michel, Prancis.

tempat hilang saat air pasang © 2016 brightside.me

foto: Giovanni Corigliano  

Kastil kuno Mont Saint Michel dibangun di sebuah pulau berbatu. Pada saat air laut pasang, jalan menuju ke sana dan tanah di sekitarnya dipenuhi dengan air. Jadi pulau ini hanya dapat dikunjungi selama laut surut.


4. Gunung St Michael Cornwall, Inggris.

tempat hilang saat air pasang © 2016 brightside.me

foto: depositphotos  

Gunung St Michael di Cornwall, Inggris, adalah situs dari sebuah biara kuno. Legenda mengatakan tempat ini dulunya adalah gunung, rumah bagi Cormoran Raksasa yang akan menyeberang ke darat untuk mencuri ternak ketika ia lapar.

Pulau berbatu kecil ini terdapat sebuah kastil dari abad pertengahan yang dapat dinikmati pengunjung. Jika laut sedang pasang, layanan kapal feri akan mengantarkan pengunjung ke pulau ini.


5. Passage du Gois, Prancis.

tempat hilang saat air pasang © 2016 brightside.me

foto: Brian  

Jalan yang menghubungkan Teluk Burnef dengan Pulau Noirmoutier ini tak hanya dapat menghilang tapi juga berbahaya. Dalam sehari, jalan ini dapat menghilang dua kali ketika air pasang naik.

Jalan sepanjang 2,58 mil akan menghilang 13 kaki di bawah air. Meski demikian jalan ini tetap banyak dilalui oleh orang-orang.