1. Home
  2. ยป
  3. Jalan-Jalan
14 Oktober 2022 22:30

Langgar Dhuwur Boharen, salah satu musala tertua yang masih eksis

Langgar Dhuwur Boharen jadi salah satu warisan budaya dan cagar budaya yang dilestarikan oleh pemerintah. Brilio.net
Langgar Dhuwur dibangun dengan konstruksi kayu yang ditopang oleh tiang tembok

Dulunya, Langgar Dhuwur Boharen dibangun oleh seorang pedagang bernama Muksin bin Mukmin pada tahun 1911/1912 Masehi berdasarkan tulisan tahun di dinding Langgar Dhuwur. Terletak di sisi barat bagian depan rumah pemilik, Langgar Dhuwur dibangun dengan konstruksi kayu yang ditopang oleh tiang tembok.

BACA JUGA :
Masjid tertua berumur 4 abad ini dulunya dikelola dua keraton


foto: brilio.net/Ricka Milla Suatin

Lokasi Langgar Dhuwur Boharen tepat berada di Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat Kotagede yang menjadi salah satu basis organisasi Islami sejak dulu, selalu memegang teguh tradisi dan ajaran Kejawen yang banyak bernuansa Klenik. Oleh karenanya, di Kotagede justru banyak ditinggalkan dan memegang nila-nilai keagamaan yang kental.

BACA JUGA :
Jatuh bangun perintis industri perak Kotagede Jogja agar tetap eksis

Sebelumnya, penempatan Langgar Dhuwur membentuk rangkaian yang melingkari Keraton Mataram di Kotagede, dan sering dianalogikan dengan Masjid Pethok Keraton Yogyakarta. Saat ini, hanya tersisa dua langgar saja, yaitu milik keluarga Achmad Charris Zubair di Boharen dan milik keluarga Alm. Dalhar Anwar di Jagalan.

"Walau Langgar Dhuwur Boharen ini masih eksis dan tak tergerus oleh waktu, namun sudah tidak dapat digunakan oleh umum lagi dan hanya bagian keluarga saja yang menggunakannya. Seperti yang telah diketahui juga bahwa saat ini sudah banyak sekali berdiri masjid dan musala untuk beribadah," ujar Achmad Charris Zubair atau yang akrab disapa Aris, saat ditemui brilio.net pada Jumat (14/10).

Dikarenakan strukturnya yang masih megah meski telah berusia ratusan abad, Langgar Dhuwur Boharen menjadi salah satu warisan budaya dan cagar budaya yang dilestarikan oleh pemerintah. Jadi, ingatkan diri kamu tentang unggah-ungguh atau sopan santun saat berkunjung ke Langgar Dhuwur Boharen ini ya!

Magang: Ricka Milla Suatin

SHARE NOW
EXPLORE BRILIO!
RELATED
MOST POPULAR
Today Tags