Brilio.net - Adalah hal biasa jika banyak penelitian yang menyebutkan bahwa manusia mirip dengan simpanse. Tapi bagaimana jika manusia mirip dengan kuda? Mungkin hal ini membuat kita berpikir keras untuk menemukan jawabannya. Akan tetapi kamu tidak perlu mengaji fenomena ini. Sebuah penelitian dari Sussex University, Inggris sudah menemukannya.

Ahli dari universitas tersebut, Jennifer Wathan berkolaborasi dengan ahli dari University of Portsmouth dan Duquesne Unversity mengonfirmasi bahwa ekspresi muka kuda ternyata mirip dengan manusia, sebagaimana dikutip brilio.net dari PLOS ONE, Jumat (7/8). Untuk mengaji kemiripian ini, para peneliti menggunakan Eqine Facial Action Coding System (EquilFACS).

Riset tersebut, membandingkan 17 ekspresi muka dari kuda untuk dibandingkan dengan 27 ekspresi manusia, 13 ekspresi simpanse, dan 16 ekspresi anjing. Meskipun memiliki struktur muka yang berbeda, ternyata banyak ekspresi muka kuda yang sangat mirip dengan manusia. Hal ini ditonjolkan pada gerakan bibir dan mata pada hewan tersebut. Hasil tersebut membuat para peneliti terkejut.

Akan tetapi, tidak hanya kemiripan ekspresi wajah saja yang diteliti pada riset tersebut. Para peneliti juga mencoba untuk mengaji bagaimana hubungan ekspresi wajah kuda dengan kondisi psikologis. Tentu saja, kajian ini juga dibandingkan dengan apa yang terjadi pada manusia.

Sang peneliti menyebutkan bahwa perkembangan ekspresi muka pada kuda merupakan hasil dari perkembangan faktor sosial dari hewan ini. Hal ini terjadi karena sistem sosial kuda yang kompleks dan mudah berubah-ubah. Dengan menggunakan EquilFCAS, peneliti menemukan jawaban bahwa gerakan wajah dalam perbedaan konteks sosial dan emosi pada kuda merupakan perwujudan dunia sosial hewan tersebut. Hal ini bisa menjadi patokan untuk mengukur kesejahteraan kuda.