Brilio.net - Melakukan perjalanan jauh bukanlah hal mudah, apalagi keliling Indonesia dengan sepeda motor modifikasi standar penyandang disabilitas. Hal itulah yang dilakoni Shinta Utami (30), perempuan penderita post-polio sindrom yang hingga saat ini telah berkeliling 27 propinsi di Indonesia dalam waktu kurang dari setahun.

Perjalanan keliling Indonesia ia lakukan sendiri dan tanpa didampingi oleh siapa pun. Tak heran jika banyak orang yang sedikit khawatir karena selain dia seorang perempuan yang bepergian sendiri, bagaimana jika kendaraan yang ia bawa macet atau rusak.

"Waktu di Kalimantan, sepeda motor saya nggak kuat nanjak, padahal abis di servis di sebuah dealer di Bontang, untungnya ada bapak-bapak yang rela bantuin dorong tiap ada tanjakan padahal perjalanan saya itu sekitar 60 kilometer," kata Shinta kepada brilio.net, Selasa (11/8).

Shinta telah menempuh 18.000 kilometer dan menapakkan kakinya di 27 propinsi hingga saat ini, dan masih tersisa 7 propinsi atau sekitar 6.000 kilometer lagi untuk menyelesaikan perjalanannya. Akan tetapi tabungannya telah habis, sehingga salah satu cara yang ia lakukan saat ini mengampanyekan A Journey of Dreams dalam sebuah situs indiegogo.

Dalam kampanye A Journey of Dreams ia menuliskan bagaimana selama ini perjalanan dan sedikit tentang riwayat kesehatan. Dana ini akan ia gunakan untuk bahan bakar, makanan, akomodasi, perbaikan motor, blog, tiket kapal dan lain lain.