Brilio.net - Libur akhir tahun segera tiba. Pasti ada di antara kamu yang sudah mengatur jadwal atau acara akhir tahun. Piknik, liburan, rekreasi kini sudah menjadi satu kebutuhan yang tak bisa kamu abaikan begitu saja. Tak lagi menjadi tren atau gaya hidup, kebutuhan untuk berlibur menjadi salah satu yang harus dipenuhi demi keseimbangan dalam hidup.

"Butuh banget liburan. Soalnya kegiatan di kantor sudah menyita perhatian. Kadang pekerjaan nggak bisa berhenti di kantor dan harus dibawa pulang," ujar Anugerah Ayu Hanurani (22), salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS), di Malang, Jawa Timur, kepada brilio.net, Jumat (18/12).

Salah satu tempat liburan yang wajib kamu coba adalah museum. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kamu harus sesekali piknik ke museum, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, (18/12).

1. Antimainstream

Ini alasan mengapa kamu sesekali perlu piknik ke museum foto: metiasdita.blogspot.com

Kalau biasanya tujuan utama piknik itu kalau tidak ke gunung, ya ke pantai. Sekarang saatnya kamu untuk mencoba liburan ke museum. Sekali-kali antimainstream bisa dong, ya.

2. Belajar tentang masa lampau

Ini alasan mengapa kamu sesekali perlu piknik ke museum foto: sharontravelogue.com

Mengunjungi museum akan membuat kamu jadi tahu tentang berbagai peristiwa di masa lalu. Edukatif, ya?

3. Jadi tambah pintar

Ini alasan mengapa kamu sesekali perlu piknik ke museum foto: dpavilionarchitects.wordpress.com

Saat mengunjungi sebuah museum, akan ada banyak hal baru yang kamu dapatkan. Tidak hanya soal sejarah tetapi juga soal ilmu pengetahuan. Misal saat berkunjung ke Museum Geologi di Bandung. Siapa sangka kalau ternyata di planet bumi ini ada banyak sekali jenis batu. Dan kamu bisa melihat berbagai jenis batu tersebut di sana. Sebuah museum umumnya adalah tematik. Kamu bisa memilih jenis museum apa yang ingin kamu kunjungi.

4. Menghargai kebesaran Tuhan

Ini alasan mengapa kamu sesekali perlu piknik ke museum foto: abiroyen.com

Temuan fosil sisa-sisa prasejarah bakal membuatmu lebih menghargai kebesaran Tuhan. Kamu juga bisa mengagumi ciptaan Tuhan jauh sebelum era manusia modern ada.

5. Piknikmu bisa jadi cerita untuk orang lain

Ini alasan mengapa kamu sesekali perlu piknik ke museum foto: innnayah.com

Lain halnya kalau kamu ke pantai dan ceritanya pasti itu-itu saja, ketika piknik ke museum, kamu akan bisa bercerita banyak tentang museum tersebut beserta sejarahnya ke teman-temanmu di rumah. Seru, kan?