Brilio.net - Kecelakaan KRL Commuter Line kembali terjadi pada Minggu (6/12) pagi. Kecelakaan tersebut terjadi antara KRL 1528 dengan Metromini 80 jurusan Kalideres-Grogol.

Kecelakaan ini menambah daftar panjang kecelakaan yang terjadi pada salah satu transportasi massal di Jakarta itu. Lalu, menabrak apa saja kecelakaan KRL yang pernah terjadi? Berikut daftar kecelakaan KRL yang pernah terjadi dalam beberapa tahu terakhir yang dirangkum brilio.net, Minggu (6/12).

1. KRL vs Metromini 80

Daftar kecelakaan KRL yang pernah terjadi selama 2015

foto: merdeka.com
Kecelakaan KRL kembali terjadi. Pada peristiwa Minggu (6/12) pagi di perlintasan kereta Muara Angke itu, KRL Commuter Line KA 1528 menabrak metromini 80 jurusan Kalideres-Grogol bernomor polisi B 7760 FD.

Kecelakaan terjadi akibat sopir metromini yang nekat melintas meski palang pintu perlintasan meski sudah ditutup dan sirine peringatan sudah berbunyi. Akibatnya, ampai saat ini 15 orang tewas dan 6 orang luka berat akibat peristiwa tersebut.

2. KRL 2173 vs Transjakarta B 7559 TGA

Daftar kecelakaan KRL yang pernah terjadi selama 2015

foto: merdeka.com
Belum lama ini kecekalaan KRL juga terjadi dengan bus Transjakarta di perlintasan kereta api Garden No 8A, Kedoya, Jakarta Barat pada Sabtu siang (28/11) lalu. Kecelakaan terjadi akibat kelalaian sopir bus Transjakarta yang tetap saja memaksa untuk melintas di rel kereta. Padahal penjaga palang pintu perlintasan sudah memberi peringatan agar sopir Transjakarta memberhentikan busnya.

Bahkan mirisnya, ditengarai saat itu sopir Transjakarta sedang menggunakan ponselnya. Akibat kecelakaan itu, tiga orang terluka harus dilarikan ke Rumah Sakit Graha Kedoya Jakarta. Satu di antaranya patah kaki.

3. KRL KA 1154 vs KRL KA 1156

Daftar kecelakaan KRL yang pernah terjadi selama 2015

foto: merdeka.com
Sekitar dua bulan lalu kecelakaan KRL juga terjadi di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat. Kecelakaan terjadi antara KRL KA 1154 dan KRL KA 1156 pada Rabu (23/9) sekitar pukul 15.12 WIB.

Kejadian bermula ketika kereta Commuter Line dengan nomor KA 1154 dari arah Jakarta Kota menuju Bogor sedang berhenti di Stasiun Juanda. Pada saat bersamaan terdapat KA 1156 dengan tujuan sama menabrak kereta yang ada di depannya itu.

Penyebab kecelakaan karena asisten masinis KA 1156 tidak hafal posisi signal blok 102 di Stasiun Juanda. Asisten masinis tersebut lalai membaca lampu signal Blok 102 sehingga menabrak gerbong paling belakang KRL 1154 yang sedang terparkir di jalur 2 Stasiun Juanda. Akibat kecelakaan itu, 42 penumpang mengalami luka-luka.

4. KRL Tanah Abang-Maja vs sepeda motor

Daftar kecelakaan KRL yang pernah terjadi selama 2015

foto: merdeka.com
KRL Commuter Line juga pernah menabrak sepeda motor pada Jumat (24/4) silam. Akibat kejadian itu, KRL 1966 jurusan Tanah Abang-maja dilempari batu oleh warga di Tenji, Cilejit, Banten. Pelemparan itu terjadi akibat amarah warga yang tak terbendung melihat KRL menabrak sepeda motor hingga pengendaranya tewas.