Brilio.net - Selain nilai tukarnya pada rupiah yang saat ini mencapai Rp 14.000, ada lho hal unik lain dari dolar Amerika yang tak banyak diketahui. Berikut ini lima keunikan dolar dibandingkan rupiah yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.

1. Terbuat dari bahan katun dan linen

Bukan cuma beda nilai, rupiah & dolar juga beda dalam hal-hal unik ini

Yups,uang kertas dolar Amerika yang beredar saat ini bukan terbuat dari kertas lho guys. Melainkan dari bahan katun dan linen. Yap,jenis kain yang biasa dipakai untuk membuat pakaian. Itulah sebabnya saat uang dolar basah,dia tidak hancur.

2. Warna dasar

Bukan cuma beda nilai, rupiah & dolar juga beda dalam hal-hal unik ini

Berbeda dengan warna uang kertas di Indonesia yang beragam dengan warna-warna yang berbeda. Uang kertas dolar Amerika ini memiliki satu tema warna saja. Dan cenderung tidak berwarna yang mencolok.

3. Diperlakuan istimewa

Bukan cuma beda nilai, rupiah & dolar juga beda dalam hal-hal unik ini

Kalian pernah dengar kalau uang dolar tidak boleh kotor, terkena noda, coretan atau terlipat? Ternyata hal ini cuma berlaku di Indonesia saja, di negara asalnya uang dolar tidak sebegitu khususnya. Meskipun lusuh atau terlipat dolar masih bisa digunakan. Tapi ketika di Indonesia uang dolar yang memiliki bekas coretan atau lipatan nilai tukarnya akan turun. Duhh..

4. Gambar monoton

Bukan cuma beda nilai, rupiah & dolar juga beda dalam hal-hal unik ini

Untuk uang kertas, dolar hanya memakai gambar tokoh dan gedung. Tokoh yang dipakai antara lain mantan Presiden George Washington, mantan Presiden Thomas Jefferson, mantan Presiden Abraham Lincoln, mantan Menteri Keuangan Alexander Hamilton, mantan Presiden Andrew Jackson, mantan Presiden Ulysses S Grant, dan mantan Gubernur Pennsylvania Benjamin Franklin. Sedangkan gedung yang dipakai misalnya Lincoln Memorial, Treasury Building, Gedung Putih, Gedung Capitol, dan Gedung Kemerdekaan Amerika.

Berbeda dengan rupiah, selain memakai gambar tokoh, juga memakai gambar flora dan fauna serta panorama alam dalam cetakan uang kertas. Ada pula ragam kebudayaan, seperti alat musik tradisional dan kesenian lainnya. Rupiah lebih beragam dalam pemakaian gambar.

5. Tokoh di pecahan terbesar

Bukan cuma beda nilai, rupiah & dolar juga beda dalam hal-hal unik ini

Dalam pecahan terbesar yang berlaku sekarang, USD 100, gambar tokoh yang digunakan bukan mantan presiden AS, melainkan Benjamin Franklin. Dia salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Salah satu kata-kata Benjamin Franklin yang paling terkenal adalah "waktu adalah uang". Hanya ada dua sosok selain mantan presiden di pecahan dolar, Benjamin Franklin (mantan presiden/gubernur Pennsylvania) dan Alexander Hamilton (menteri keuangan pertama AS).

Adapun kalau rupiah memakai gambar pasangan Proklamator sekaligus Presiden-Wakil Presiden I RI, Soekarno-Hatta. Untuk pecahan lainnya juga lebih beragam gambar sosoknya, kebanyakan adalah pahlawan nasional. Untuk mantan presiden, hanya Soekarno dan Soeharto yang pernah dipakai sebagai gambar di rupiah.