Brilio.net - Dulu waktu umurmu masih 14 tahun, kira-kira kamu masih sekolah kelas berapa? Kelas 2 SMP kan? Kalau memang benar begitu, kamu kalah empat tahun dengan anak-anak ini!

Di usia mereka yang masih 14 tahun, mereka sudah masuk kuliah lho. Tidak tanggung-tanggung, mereka kuliah di salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia.

Penasaran? Yuk, kita kenalan dengan mereka. Lima mahasiswa berprestasi yang bisa masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) masih berusia belia:

1. Aditya Dharma Putra

5 Mahasiswa ini inspiratif banget, umur 14 udah diterima UGM, brilio!

Aditya, begitu dia disapa. Dia menjadi mahasiswa termuda UGM yang diterima pada tahun akademik 2011/2012 dalam usia 14 tahun 11 bulan. Remaja asal Bekasi ini diterima pada Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri. Perawakannya yang terbilang tinggi untuk anak seusianya sering membuat orang tak pernah menduga jika dia remaja yang baru berusia 14 tahun. Anak pertama dari dua bersaudara ini memang mengikuti kelas akselerasi saat duduk di bangku SMP dan SMA. Saat ini Aditya sedang berada pada semester akhir dan sudah disibukkan dengan skripsi. Wow, hebat!



2. Diyah Utami Kusumaning Putri

5 Mahasiswa ini inspiratif banget, umur 14 udah diterima UGM, brilio!

Pada tahun akademik 2012/2013, UGM Yogyakarta menerima 9.753 mahasiswa baru dari berbagai jalur penerimaan. Dari para mahasiswa baru (maba) program S-1 dan D-3 tersebut, Diyah Utami Kusumaning Putri dinobatkan sebagai maba termuda dengan usia 14 tahun 10 bulan. Diyah menjadi mahasiswa Program Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA).



3. Alvinasari Tryardini Arifin

5 Mahasiswa ini inspiratif banget, umur 14 udah diterima UGM, brilio!

Ketika menginjak usia 14 tahun 11 bulan, Alvinasari Tryardini Arifin yang kerap disapa Alvin ini sudah menyandang status maba UGM angkatan 2013/2014. Gadis belia asal Kendari tersebut diterima di Jurusan Psikologi melalui jalur SNMPTN.



4. Arya Bagus Kevin

5 Mahasiswa ini inspiratif banget, umur 14 udah diterima UGM, brilio!

Di usianya yang masih terbilang belia mampu menempuh pendidikan di bangku perguruan tinggi. Arya pun ditetapkan sebagai mahasiswa baru termuda di angkatan 2014/2015 pada usia 14 tahun. Pemuda tambun asal Solo tersebut mengambil jurusan Teknik Sipil. Dirinya yang sejak SMP dan SMA mengambil jalur akselerasi mengaku tidak menemukan kendala yang berarti saat mengikuti perkuliahan.



5. Aldo Meyolla Geraldino

5 Mahasiswa ini inspiratif banget, umur 14 udah diterima UGM, brilio!

Sama seperti keempat kakak tingkatnya, Aldo juga berhasil masuk UGM angkatan tahun 2015/2016 dalam usia 14 tahun 7 bulan. Alumni SMA 1 Surakarta ini diterima di Fakultas Kedokteran. Rupanya sejak SD Aldo memang sudah mengikuti jalur akselerasi. Pendidikan SD dia tamatkan dalam waktu empat tahun saja. Sedangkan SMP dan SMA dia selesaikan masing-masing dalam waktu dua tahun.

Gimana guys? Mereka keren banget ya? Masih terbilang sangat belia tapi semangat belajarnya terlihat selalu membara. Semoga mereka menjadi generasi penerus bangsa yang tahan banting dan kuat di segala medan cuaca ya!