Brilio.net - Bandung adalah salah satu kota yang banyak diminati wisatawan baik asing maupun lokal. Kota dengan sebutan Paris van Java ini memang menarik karena punya banyak sisi kecantikan sebagai sebuah kota. Kota yang pernah terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time tahun 1990 ini, juga terkenal sebagai salah satu kota yang romantis lho.

Seperti banyak kota lain yang mempunyai tempat-tempat romantis sendiri, Bandung juga punya tempat-tempat romantis. Apalagi kalau kamu datang dengan orang yang tepat, tingkat keromantisan Bandung pasti semakin meningkat. Mana saja ya tempat romantis di Bandung?

Yuk, simak 10 tempat romantis di Bandung untuk habiskan waktu bersama kekasih yang dirangkum brilio.net, Rabu (2/12).

1. Jalan Braga

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: id.wikipedia.org

Jalan Braga adalah jalan utama di Bandung. Nama sudah dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda. Jalan inilah yang menjadi salah satu maskot Bandung sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks pertokoan yang memiliki arsitektur dan tata kota yang tetap mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda. Tata letak pertokoan tersebut mengikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perkembangan kota Bandung pada masa itu (1920-1940-an). Berjalan-jalan di sini bersama kekasihmu pasti romantis.

"Di Braga romantis karena arsitektur bangunannya bagus," ungkap Retno Pratiwi, seorang bidan muda yang pernah menetap di Bandung.

2. Dago atas

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: ci2t141088.wordpress.com

"Dago atas itu juga romantis banget, tempatnya dingin," kembali ungkap Retno Pratiwi.

Di daerah Dago atas kamu akan menemukan banyak tempat makan dan penginapan. Tempat ini romantis dan cocok untuk kamu menghabiskan waktu di akhir pekan.

3. Bukit Punclut

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: www.anekawisata.com

Punclut yang merupakan singkatan dari Puncak Ciumbuleuit adalah salah satu kawasan yang terletak di sebelah utara Kota Bandung. Kawasan ini terletak 7 km dari pusat kota. Kalau akhir pekan, kawasan Punclut dipenuhi oleh wisatawan yang datang untuk berwisata dan menikmati pemandangan Kota Bandung. Tempat ini juga terkenal dengan wisata kulinernya. Sepanjang jalan kamu bisa menemui warung-warung yang menjual jajanan ringan khas Bandung dan masakan Sunda.

"Punclut itu romantis karena ada tempat makan yang enak dan pemandangannya kalau malam bagus," terang Retno pada brilio.net.

4. Cartil

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: sebandung.com

Cartil (Caringin Tilu) adalah salah stau wisata alam yang eksotis di Bandung. Dari tempat inilah, kita bisa melihat penampakan Kota Bandung dari ketinggian. Kunjungi tempat ini malam hari bersama kekasih, pasti romantis.

"Cartil ini tempat yang romantis banget, kalau kamu ngajak pacar kamu ke sini pasti jadi malam yang nggak terlupakan," ungkap Nita.

5. Kawah Putih

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: dwilestariyuniawati.wordpress.com

"Yang bikin romantis Kawah Putih adalah perjalanan menujunya, kita disuguhi hamparan kebun teh yang bagus," ujar Nita pada brilio.net.

Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Pemandangan di tempat ini juga nggak kalah keren dengan pemandangan di jalannya. Ajak kekasihmu ke sini untuk menikmati alam bersama pasti romantis.

6. De Ranch

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: telusurbandung.com

De Ranch adalah salah satu tempat wisata yang memungkinkan kamu untuk berkuda ala cow boy. Pengunjung yang datang ke sini akan diberikan kostum seperti seorang cowboy pekerja. Pasti romantis kalau kamu berkuda bersama kekasihmu di sini.

"De Ranch romantis, tempat ini merupakan tempat pacuan kuda yang asyik buat berduaan apalagi di atas kuda berdua, haha," terang Angga Panji Sundoro, pemuda yang bekerja di Bandung.

7. La Baraga Cafe

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: www.ideaonline.co.id

La Baraga cafe merupakan salah satu cafe yang terletak di Jl. Braga. Kafe ini banyak dikunjungi oleh orang karena menjadi tempat yang asyik untuk nongkrong bersama teman atau kekasih. Selain itu, live musiknya juga terkenal bagus. Cocok untuk kamu yang mau menghabiskan waktu bareng kekasih dan ingin di tempat ramai.

"La Baraga cafe jadi salah satu favorit, karena live musiknya bagus dan kalau beruntung biasanya ada band terkenal yang manggung," terang Angga.

8. Perempatan Simpang Dago

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: farizahaqie.blogspot.com

Tempat ini merupakan pertemuan Jalan Ir. H. Juanda dengan Jalan Dipati Ukur. Daerah ini menjadi salah satu favorit yang dikunjungi warga dan pelancong. Tempat ini juga cukup terkenal untuk pasangan kekasih menghabiskan waktu sambil kulineran.  "Di Simpang Dago, sambil kulineran sama kekasih, itu romantis tau," jelas Retno Pratiwi.

9. The Valley

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: fauzanrental.com

Terletak di  Jalan lembah Pakar Timur No. 28, Dago, merupakan tempat makan dengan pemandangan kota Bandung yang indah. Banyak pengunjung dan pasangan datang ke sini. Kalau malam hari, jauh lebih romantis. Cobalah bawa kekasihmu ke tempat ini.

10. Sapu Lidi Lembang

10 Spot romantis di Bandung yang harus kamu kunjungi bareng pasangan foto: paola-santiagosite.blogspot.com

Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri Kompleks Graha Puspa, Lembang. Tempat ini sangat cocok buat menghabiskan waktu romantis dengan pasanganmu. Tempat ini memang selalu ramai, apalagi di malam minggu. Tempat ini dikelilingi persawahan dan danau. Kamu bisa menyewa perahu dan mengitari danau bersama pasanganmu. Romantis kan?