Brilio.net - Supermarket saat ini rasanya sudah menjadi tempat wajib bagi semua orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai macam barang semua ada disana mulai dari sayuran, buah, sembako, alat elektronik hingga baju.

Tempat yang nyaman dan barang yang lengkap menjadi alasan beberapa orang memilih belanja di supermarket daripada pasar.

Meski begitu supermarket memiliki rahasia yang tidak diketahui banyak orang. Penasaran? Cek ulasannya di bawah ini seperti yang sudah brilio.net rangkum dari scoopwhoop, Selasa (1/9):

1. Supermarket didesain ramai orang

Supermarket biasanya ramai hanya pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan. Lalu bagaimana jika hari biasa? Di sana akan tetap "terlihat" ramai meskipun kenyataannya yang sedang belanja sedikit.

Ramai di sini triknya adalah menaruh setiap staf di setiap lorong supermarket untuk memberi rasa tidak kesepian jika ada orang yang belanja.

2. Barang mahal akan ditaruh sejajar dengan mata kita

Sudah menjadi naluri setiap orang untuk mengambil barang yang sejajar dengan mata kita. Oleh karena itu barang mahal biasanya ditaruh di rak yang mudah dijangkau oleh tangan.

Sedangkan barang murah ditaruh di rak paling atas atau bawah. Hanya orang-orang jeli yang bisa menemukannya.

3. Boks sereal selalu memiliki desain yang sama

Yap kamu pasti pernah merasakan membeli boks sereal besar, semuanya punya desain, rak dan berat yang sama. Padahal itu hanyalah trik karena jika dibuka sampai rumah, isinya tidak seberat yang tertulis dalam boks.

4. Troli yang besar

Sering kita menemukan di beberapa supermarket hanya menyediakan troli besar saja. Hal ini bukan tanpa alasan.

Beberapa orang punya sisi psikologis di mana akan malu jika membeli barang sedikit namun membawa troli besar. Di sinilah troli bekerja, mereka akan membuat konsumen membeli barang lainnya yang sebenarnya tidak perlu agar troli terlihat penuh.

5. Buah dan sayur disemprot air untuk membuatnya lebih berat

Membeli buah dan sayuran berbeda dengan di pasar di mana hitungan berat mereka manual. Supermarket memakai sistem komputer di mana berbeda sedikit gram saja akan memengaruhi harga.

Di sinilah supermarket terkadang menyemprot buah dan sayur agar terlihat lebih segar dan berat.

2 dari 2 halaman



6. Memutar musik setiap saat

Kamu pasti sering menjumpai supermarket memutar musik setiap saat? Mengapa? Menurut penelitian orang akan menghabiskan banyak waktu di supermarket jika diputarkan musik sehingga akan membeli barang lebih banyak. Kamu juga begitu?

7. Banyak diskon yang sebenarnya sama saja

Supermarket sering sekali mengadakan berbagai diskon seperti beli dua gratis satu atau beli satu gratis satu. Padahal sesungguhnya harga sebelumnya dan didiskon itu sama saja.

Diskon ini tentu saja mengundang daya tarik pembeli. Bagi pembeli tentu saja mereka pada akhirnya akan membeli dua barang dengan harapan gratis satu padahal sebenarnya mereka tidak butuh-butuh amat.

8. Barang lama ditaruh di paling depan

Hal ini bertujuan agar barang dengan kedaluwarsa lebih cepat diambil segera oleh para pembeli sehingga supermarket tidak mengalami kerugian karena menyisakan barang lama.

Sedangkan barang baru dengan masa kedaluwarsa lebih lama biasanya ditaruh di paling belakang.

9. Roti selalu ditaruh di dalam kantung kertas

Roti yang ditaruh di dalam kantung kertas kebanyakan harus dimakan saat itu juga karena jika dibiarkan lebih lama akan membuatnya cepat basi dan tidak enak.

Oleh karena itu penggunaan kantung kertas sangat dimaksimalkan dalam supermarket dengan tujuan pembeli akan membeli lebih banyak lagi karena cepat habis dimakan.

10. Gagang troli mengandung banyak bakteri

Orang kebanyakan memilih belanja di supermarket karena faktor kebersihan yang lebih layak daripada di pasar. Padahal di gagang troli ada banyak bakteri E coli karena sering dipegang oleh banyak orang.

Hiiii.. Makanya jika sehabis berbelanja di supermarket bersihkan tanganmu dengan cairan anti bakteri.