Brilio.net - Bule bisa ngomong Jawa? Bisa! Di film pendek 'Sri Ngilang: The Dissappearance of Sri' kamu bisa lihat bule-bule asal Australia fasih banget ngomong Bahasa Jawa. Film yang diproduksi mahasiswa Fakultas Bahasa Jawa di Australian National University (ANU) bersama dengan dosen George Quinn ini berdurasi sepanjang 27 menit 51 detik.

Ada delapan pemeran dalam film ini. Hebatnya, mereka semua menggunakan Bahasa Jawa Kromo Inggil, lho. Settingnya bercerita tentang Yogyakarta, walaupun syutingnya sendiri tetap dilakukan di area kampus ANU. Tokohnya pun memakai nama jawa seperti Sri, Landhung, Nur, Narsih dan Suparto.

Video yang diunggah di YouTube sejak 16 Desember ini naskahnya ditulis oleh Quinn. Quinn sendiri sebenarnya adalah orang Australia yang menikah dengan wanita asli Indonesia, tepatnya dari Banyumas, Jawa Tengah, yang merupakan keturunan Tionghoa, bernama Emmy Oey.

Sri Ngilang sendiri bercerita tentang Sri, yang tiba-tiba menghilang nggak ada kabar. Teman-temannya panik karena Sri nggak ada kabar sama sekali. Setelah ditelusuri, Sri ternyata sedang dirawat di rumah sakit. Tapi itu cuma akal-akalan Sri doang supaya bisa ketemu dokter yang ada di sana. Film ini juga makin berasa Jawanya karena menggunakan lagunya Didi kempot yang berjudul Sri Minggat di akhir cerita. Gokil!

Film yang sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 376.658 orang ini pertama kali diunggah oleh akun Digital Learning project. Walaupun aksen Australianya masih terasa, film ini rupanya cukup digemari oleh warga Indonesia karena penggunaan bahasa Jawa halusnya itu. Terbukti sejak diunggah, sempat menjadi trending topik di media sosial Twitter. Bule saja bisa bahasa jawa, kamu bisa nggak hayo?