Brilio.net - Saat merayakan ulang tahun, pasti selalu ada lagu Happy Birthday. Hal ini sudah menjadi sebuah kebiasaan dalam sebuah pesta ulang tahun. Bahkan versi lagu dari Happy Birthday ini juga sudah diadopsi oleh berbagai negara dengan mengganti bahasanya dalam bahasa ibu mereka. Tapi apakah kamu tahu fakta di balik lagu yang sangat populer ini?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, ada banyak fakta yang menarik dari lagu ini. Pertama lagu ini sebenarnya mempunyai judul asli Happy Birthday to You. Lagu ini sudah berumur 120 tahun. Kedua, lagu ini ternyata hak ciptanya dimiliki oleh perusahaan bernama Birch Tree Group pada tahun 1953 dengan judul Happy Brithday to You. Pada tahun 1988, perusahaan tersebut diakuisisi oleh salah satu divisi dari Warner Music Group.

Sejarah penciptaan lagu ini juga tidak kalah seru untuk diselidiki. Awalnya, Patty Smith Hill dan Mildred Hill menciptkan lagu ini pada tahun 1893. Mereka memberikan judul Good Morning to All. Mereka menjual lagu mereka kepada perusahaan bernama Clayton F Summy Company pada tahun yang sama.

Setelah jangka waktu yang cukup lama, lirik dan nada lagu kepemilikan Smith bersaudara ini telah menjadi lagu Happy Birthday yang kita kenal saat ini. Lirik lagu tersebut muncul dalam buku dan juga versi piano pada tahun 1924. Buku tersebut diterbitkan oleh Warner Music dengan hak cipta di tangan perusahaan tersebut.

Karena alasan hak cipta itulah, lagu Happy Birthday dinyanyikan tidak lengkap dalam adegan film, iklan, atau video klip. Untung saja, ketika kamu menyanyikan lagu ini tidak terkena biaya royalti.