Brilio.net - Senyum identik dengan kebaikan. Tapi, bukan berarti kamu bisa senyum-senyum semau sendiri. Salah-salah senyumanmu justru bisa membawa bencana buat kamu sendiri.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lesley Meechan dari Glasgow-based Go Group, seperti dikutip brilio.net dari Eveningtimes.co.uk, Senin (27/4), senyuman nggak selalu bikin segalanya jadi lebih baik. Senyuman yang terlalu cepat dan tidak terlihat dari mata dapat membuat kesan kalau kamu nggak tulus, lho.

Pada dasarnya, ada tiga tipe senyum yang bisa menimbulkan kesan buruk dan harus kamu hindari tersenyum dengan cara ini.

1. Senyum antusias
Antusias memang perlu supaya orang lain tahu kalau kita mendengarkan mereka. Tapi kalau terlalu antusias, seperti senyum yang terlalu lebar dan cepat, seluruh gigi dan mata terbuka, bisa jadi orang akan menilai kamu terlalu berlebihan dan tampak ambisius.

2. Senyuman dingin
Senyum yang terlihat konstan, cepat, tapi dengan tatapan kosong sangat dilarang untuk dilakukan. Selain kamu jadi terlihat nggak tulus, orang juga bisa membuat penilaian kalau kamu justru menyepelekan mereka, lho.

3. Senyuman ala robot
Ini senyuman yang bisa dibilang paling pelit. Bibir yang menyunging kecil dan cepat ini bisa jadi bikin orang lain menilai kamu termasuk orang yang palsu. Kamu mungkin hanya melakukannya supaya terlihat sopan walau sebenarnya kamu nggak nyaman untuk melakukan hal itu.

Nggak cuma senyumannya, terlalu banyak mengumbar senyuman juga bisa menjadi hal buruk di dalam dunia profesional. Menurut Bridget Hanna, Doctor of Phulosophy dari Antropology Medical of harvard University, sering memberi senyuman justru membuat kesan berlebihan, bahkan bisa menurunkan status seseorang.