Brilio.net - Coba tebak, drama Korea mana yang nggak pernah nggak syuting di kedai kopi? Hampir semuanya selalu punya setting di kedai kopi. Entah itu lagi pedekate sama cewek, atau bahkan galau abis ditinggal pacar. Ahh.., semuanya selalu di coffee shop!

Kalau kebetulan kamu liburan di Korea dan pengen nongki-nongki cantik kayak artis-artis Korea di Starbucks, siap-siap merogoh kantong lebih dalam ya. Karena harganya mahal banget, bahkan dua kali lebih mahal ketimbang di Amerika, lho! Waduh.

Menurut laporan yang dilakukan oleh Badan Investasi-Perdagangan Korea (KOTRA) yang bekerjasama dengan Hyundai Research Institute, harga kopi Starbucks di Korea berada di peringkat keenam termahal di dunia. Sedangkan yang paling juara mahalnya dipegang Polandia. Amerika? Amerika justru jauh lebih murah, terbukti berada di peringkat 20.

Dikutip brilio.net dari The Korean Times, Senin (13/4), data ini didapat dengan melihat nilai tukar mata uang di setiap negara. Dengan hitungan tersebut, segelas venti Americano berharga sekitar Rp 56 ribu, sedangkan di Amerika hanya berkisar Rp 32 ribu. Bahkan Jepang yang dianggap negara dengan biaya hidup tertinggi pun masih lebih murah daripada Korea, yaitu sekitar Rp 45 ribu.

Kota Seoul sendiri menjadi kota dengan jumlai kedai Starbucks terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 284 kedai. Jumlah ini bahkan lebih banyak daripada di New York, AS yang punya 277 kedai.

Starbucks sendiri saat ini memiliki lebih dari 18.000 kedai di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Wah, Indonesia peringkat berapa ya?