Kamu mahasiswa? Pasti punya cerita dong semasa kuliah kurang lebih 4 tahun di kampus. Sedatar-datarnya kehidupan semasa kuliahmu, nggak mungkin kan, nggak ada yang bisa diceritain.

Beruntunglah kamu kalau suka mengisi waktu kuliah dengan hal-hal seru. Memang ada yang bilang, masa-masa SMA adalah masa paling indah. Tapi masa kuliah adalah masa paling gila. Siapa yang berani jamin selepas kuliah masih bisa gila-gilaan? Pasalnya, ritme dan tuntutan hidupmu sudah berbeda.

Berikut ini beberapa hal semasa kuliah yang bakal terkenang seumur hidup seperti yang dirangkum brilio.net:

1. Telat datang ujian
Kamu pernah ngalamin ini? Pasti bakal jadi cerita buat anak cucumu nanti. "Nak, dulu papa pernah nggak boleh ikut ujian gara-gara telat bangunnya kesiangan". Gimana perasaanmu waktu itu? Apalagi sudah bela-belain belajar semalaman, eh ternyata bangun kesiangan dan nggak bisa ikut ujian. Ini tergantung dosennya lagi sih, mau ngasih kamu kesempatan untuk ujian ulang, mengganti dengan tugas, atau nggak bisa sama sekali.

2. Ngerjain tugas 1 jam sebelum pengumpulan
Yang ini termasuk hal gila, bahkan boleh dibilang ekstrem. Masa menjadi mahasiswa adalah masa membentuk jati diri. Kalau kamu membiasakan rajin, maka kamu bakal jadi mahasiswa yang pinter dan ingat sama tugas. Tapi kalau kamu membiasakan diri untuk malas, ya boro-boro ingat ngerjain tugas, datang kuliah pun malas.

Tapi ketika kamu malas justru bakal jadi cerita seru, lho. Eits, ini bukan ngajarin kamu jadi pemalas, ya!

Misalnya tugas nih, kamu baru ingat 1 jam sebelum pengumpulan. Panik dong, apalagi kalau tugasnya banyak. Tapi itu masih bagus lho, karena masih punya niat untuk menyelesaikan tugas. Yang agak kurang ajar kalau tahu ada tugas banyak, waktu pengumpulan tinggal sejam tapi kayak nggak punya beban, tetap santai aja bawaannya. Ampun dah! Tapi kalau kamu pernah ngalamin yang begitu pasti lebih nggak gampang kamu lupakan.

3. Foto narsis gila!
Ini juga hal yang nggak gampang kamu lupakan. Bahkan jadi kenangan abadi, selama file-nya kamu simpan baik-baik. Foto bareng teman-teman memang seru pasti ada sensasinya. Apalagi pakai gaya-gaya konyol, narsis gila!

Mahasiswa memang butuh ruang berekspresi, salah satunya bernarsis ria ini. Setelah itu, fotonya kamu pamerkan di media sosial. Kamu bakal tambah senang kalau foto-fotomu jadi bahan perbincangan teman-teman lainnya.

4. Kuliah nggak pakai mandi
Nah, ini termasuk parah. Ini cuma tentang kebiasaan, mungkin karena dingin, malas, dsb. Sebenarnya kebiasaan ini bisa diubah kok. Nggak jadi masalah kalau kamu pakai parfum jadi nggak kentara kalau kamu pas nggak sempat mandi. Paling yang tahu cuma temen deketmu yang biasa jemput kamu atau yang sering main ke kosmu.

Asal nggak ketahuan aja, aman kan?

5. Ketahuan titip absen
Kamu mahasiswa yang suka titip absen? Hati-hati ketahuan, lho. Memang sih, ada dosen yang nggak ngecek bener-bener tanda tangan di presensi dengan jumlah mahasiswa yang bener-bener hadir. Tapi hati-hati kalau pas apes kena dosen yang niat banget ngecekin satu-satu siapa aja yang hadir. Ini biasanya dosen baru yang masih idealis dan semangat kerjanya masih tinggi.

Kalau ketahuan titip absen, kamu bisa dicap buruk sama dosen. Itu paling ringan. Yang lebih kejam, nggak boleh ikut mata kuliah itu lagi sampai akhir semester dan pasti nilainya di bawah C. Kalau kamu masih sering titip absen, mending mulai dikurangi deh. Bukan cuma takut ketahuan dosen, tapi melatih kejujuran kita juga. Sekaligus menjaga amanat orangtua untuk kuliah yang bener.

6. Dipermalukan dosen di hadapan teman-teman
Pernah nggak kamu dipermalukan dosen di hadapan teman-teman? Entah dikata-katain atau apa, pasti sakit kan? Apalagi pas di hadapan teman-teman, berasa nggak punya harga diri lagi.

Misalnya pas kamu telat masuk kuliah, lalu dikatai dosen di hadapan temanmu. Sikapmu sih kelihatan cuek pada saat itu, tapi dalam hati nggak tau gimana. Atau pas diminta maju ngerjain soal yang menurut dosen mudah, kamu nggak bisa. Terus dikata-katain dosen macam-macam. Akhirnya kamu cuma bisa bilang, "Di situ kadang saya merasa sedih".

7. Cinta bertepuk sebelah tangan
Nah, ini kisah desperate. Kamu naksir salah satu teman kuliahmu misalnya. Sudah coba pedekate, eh pas ditembak jawabannya, "Kayaknya kita temenan aja, deh".

Atau kalau kamu cewek yang naksir salah satu cowok di kampusmu, cuma bisa nunggu. Sudah ngasih kode tapi cowoknya nggak ngeh. Pas besoknya ada kabar dia sudah sama cewek lain, kamu cuma bisa bilang, "Sakitnya tuh di sini".