Brilio.net - Indonesia memang negara dengan penuh ironi. Saking kaya budayanya, mereka lupa untuk merawat warisan bangsa, apalagi dalam dunia musik. Anak muda zaman sekarang sudah mulai tersihir dengan lagu asing. Mereka rela antre berjam-jam untuk membeli tiket ketimbang mempelajari musik tradisional.

Sebagai young generation, kamu jangan malu jika ada warga asing yang bisa menyanyikan lagu daerah secara merdu. Mungkin kamu terlalu sibuk mendengarkan EDM, UK Top 40 atau deretan Hot 100 versi Billboard.

Nah, video di bawah ini bisa menyadarkan bahwa seharusnya kamu yang harus melestarikan budaya sendiri!



Video tersebut merupakan kolaborasi antara Cathy Eastburn (penyanyi) dan Charles Matthews. Lagu dalam tayangan tersebut diambil dari salah satu lagu macapat berjudul Durma. Lagu tersebut memang tidak diringi musik gamelan, namun Charles memainkannya melalui musik digital melalui software dari perangkat komputernya, yang era saat ini kerap disebut dengan sekuenser.

Durma sendiri merupakan lagu yang digunakan untuk mengekspresikan rasa marah dan berontak. Selain itu, lagu ini juga digunakan untuk menyemangati prajurit saat perang. Akan tetapi, lagu ini lebih ditujukan untuk menggambarkan emosi manusia yang egois dan menang sendiri.

Jadi, apakah kamu rela menukarkan tiket Super Junior untuk masuk sebuah sanggar?