Brilio.net - Teman yang kamu miliki sangat mempengaruhi kesehatanmu. Tak hanya kesehatan jiwa, teman juga bisa memberikan perlindungan terhadap tubuh kamu yang sama dengan ketika seseorang berhenti merokok. Selain itu, ketika seseorang aktif dalam menjalin hubungan pertemanan, mereka bisa terhindar dari penyakit jantung.

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa banyak teman yang kamu butuhkan dalam dunia? Untuk menganalisis jumlah teman yang dibutuhkan oleh seorang manusia, sebuah penelitian telah dilakukan oleh ahli psikologi asal Oxford bernama Robin Dunbar, dikutip oleh brilio.net dari Time, Sabtu (30/5).

Robin menyarankan bahwa jumlah teman yang paling ideal adalah tiga hingga lima orang. Jumlah tersebut sangat vital untuk kesehatan baik fisik maupun mental kamu. Kelima teman tersebut merupakan orang yang sering kamu temui secara fisik. Bukanlah teman yang ada di dunia maya seperti di Facebook, Twitter, atau Path.

Robin juga mengungkapkan bahwa manusia memiliki jumlah terbatas dalam membangun lingkungan sosial. Hal ini dikarenakan terbatasnya ukuran necortex pada otak. Dia juga menyebutkan bahwa lingkungan sosial seseorang hanya berkisar antara 100 hingga 200 orang. Bahkan otak kamu sebenarnya tak bisa berhubungan lebih dari 150 orang. Jika kamu mempunyai hubungan dekat, maksimal hanyalah 15 orang. Itu pun sudah termasuk anggota keluarga.

Jadi, saat ini kamu terlalu banyak teman atau malah tidak punya teman nih?