Brilio.net - Tidur adalah hal yang dibutuhkan manusia supaya menyegarkan kembali fungsi dari tubuh. Banyak orang merasakan mimpi, yang mana menyita pikiran mengarungi alam yang lain.

Rata-rata manusia mengalami 4-6 kali mimpi dalam semalam. Namun kemudian 905-nya terlupakan dalam waktu sepuluh menit setelah bangun. Maka jika ditotal, waktu manusia yang dihabiskan untuk bermimpi adalah selama 6 tahun.

Berikut ini adalah beberapa hal aneh terkait mimpi, dilansir brilio.net dari laman TheRichest, Kamis (30/4):

1. Aktivitas otak
Kamu pasti membayangkan bahwa tidur adalah aktivitas yang tenang dan damai. Namun pada kenyataannya, otak akan bekerja lebih aktif dalam beberapa tahapan selama tidur. Lalu setelah terbangun, tahap ini disebut rapid eye movement yang mudah sekali terjadi mimpi. Pada tahap ini tubuh akan benar-benar lemas layaknya orang pingsan.

2. Pengaruh terhadap belajar
Riset membuktkan bahwa bermimpi dapat memberi dampak baik terhadap proses belajar dan pemecahan masalah. Mimpi adalah jalan bagi otak untuk memproses dan memahami informasi baru. Banyak orang mengalami mimpi berulang, ini akan mampu mengenali diri lebih dan lingkungan sekitar lebih jauh.

3. Mimpinya orang buta
Orang-orang tuna netra yang lahirnya normal namun kemudian menalami kebutaan tetap dapat melihat gambar di dalam mimpinya. Akan tetapi, yang sudah bawaan lahir tidak akan mampu melihat apa-apa dalam mimpi. Mimpi mereka hanya seperti cahaya terang namun mereka mampu merasakannya.

4. Mimpi ketika sedang punya masalah
Umumnya mimpi yang dialami oleh orang-orang yang sedang punya masalah adalah mimpi buruk. Terkadang, sebagian dari mereka yang mengalami mimpi buruk, amarahnya masih terbawa meskipun sudah posisi bangun dari tidur.

5. Mimpi basah
Ini adalah fenomena orang yang mengalami orgasme ketika bermimpi. Ini umumnya terjadi ketika seseorang menginjak masa remaja, namun juga dapat terjadi setiap saat. Sebuah studi menyebutkan bahwa 4% mimpi seks antara laki-laki dan perempuan menyebabkan orgasme. Rata-rata, laki-laki dapat ereksi lima kali per malam, terjadi dalam rentang 20-30 menit.

6. Mimpi sadar
Banyak orang yang mengalami mimpi sadar (lucid dreaming). Menggunakan bermacam tekhnik, mereka mempelajari cara mengendalikan mimpi dan melakukan hal yang mengagumkan seperti terbang, berpindah, menembus dinding, atau bepergian ke masa lalu.

7. Penemuan
Ajaibnya, beberapa penemu mendapat ilham mengenai temuannya berasal dari mimpi. Penemuan-penemuan besar di dunia tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Seperti temuan DNA berbentuk helix spiral, mesin jahit, serta tabel periodik.

8. Firasat mimpi
Banyak kasus menarik tentang mimpi yang kemudian kejadian di kehidupan nyata. Orang-orang yang mengalami ini memperoleh gambaran tentang masa depan. Fenomena ini pernah membuat seorang menjadi kaya dan selamat dari kematian.

9. Mimpi lumpuh (ketindihan)
Bayangkan kamu bangun dan benar-benar mengalami kelumpuhan, tidak bisa menjerit dan kamu merasa setan menghampiri ruanganmu. Ini biasa disebut ketindihan. Beberapa studi menyebutkan hanya kurang dari 8% masyarakat mengalami ketindihan. Namun halusinasi seringkali mereka alami. Laporan paling umum menyebutkan adanya 'penyusup' di dalam ruangan seperti setan, alien, atau perasaan terbang, jatuh, dan mengapung, yang terasa bagaikan terlepasnya roh dari badan.

Berikut videonya: