Brilio.net - Jika kamu masih menyandang status mahasiswa, maka kamu patut bersyukur bisa mengenyam bangku perguruan tinggi, apalagi jika kamu berkuliah di kampus ternama yang diidamkan oleh banyak orang. Jangan sia-siakan kesempatan mujur ini dengan menciptakan kondisi-kondisi baik yang dapat kamu nikmati. 
 
Kamu perlu hati yang lapang untuk menjalani hari-hari di masa kuliahmu, karena yang kamu hadapi tentu tidak melulu indah. Namun, kita bisa sebenarnya bisa merancang sendiri kehidupan kita. Karena dalam hidup kita sendirilah yang menentukan. Dan tentunya kamu tidak sendiri, karena kamu punya teman-teman yang terus mensupportmu. 
 
Berikut ini adalah 6 hal yang dapat membuatmu menikmati masa kuliahmu seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.
 
1. Meluluhkan kebiasaan malas
Jika kamu merasa sering malas hadir kuliah, kamu bisa ingat kembali perjuanganmu ketika mendaftar kuliah yang pasti tidak mudah. Terlebih kalau kamu termasuk yang pernah mencoba lebih dari sekali tes. 
 
Coba dipikirkan ulang, tidakkah kamu merasa rugi jika setelah diterima kamu justru bermalas-malasan hadir kuliah?
 
2. Dekati dosen
Harus kamu sadari, bapak/ibu dosen adalah orang tua keduamu. Orang tua kandung/walimu menitipkanmu kepada dosen untuk dididik, dibimbing, dan dibina menjadi pribadi yang lebih berkualitas lagi. Maka, balaslah sikap baik mereka dengan perhormatan yang baik, kesopan-santunan, serta tata krama. 
 
Jika mendapat perlakuan baik, mereka akan balas memberi dengan sikap yang baik pula. Karena merasa dihormati, maka mereka akan menyayangi. Dengan sikap yang tulus, maka tak hanya materi kuliah yang kamu dapatkan, pelajaran kehidupan pun akan didapat pula. 
 
Ketika tak puas dengan penjelasan atau jawaban dosen, jangan justru memilih 'done', 'ya sudahlah' ataupun ngambek berhenti belajar dan langsung acuh, terlebih mengata-ngatai dosen 'tidak jelas', 'amatir', dll. Carilah jalan lain untuk memuaskan akalmu. Banyak jalan menuju Roma! Kamu bisa bertanya ke teman yang kamu anggap lebih paham, ke kakak angkatan, atau ke ilmuwan-ilmuwan dalam maupun luar negeri yang sesuai bidangmu melalui buku-buku mereka yang tersedia di perpustakaan kampusmu. 
 
Kalau kamu menemui dosen yang kurang pas atau kurang sesuai dengan keinginanmu, jangan langsung menutup diri padanya. Ini justru membuatmu tidak mendapatkan apa-apa darinya, bahkan ilmu yang disampaikan tak akan masuk sedikitpun padamu karena kamu telah menutup diri. Yang perlu kamu lakukan adalah mengambil ilmu dan teladan, serta apa saja yang baik-baik darinya. Mengenai faktor-faktor yang menjadi penyebab ketidaknyamananmu, abaikan saja.
 
3. Berteman dengan siapa saja
Kamu tidak perlu pilih-pilih dengan siapa kamu akan berteman atau teman seperti apa yang diinginkan. Setiap orang pasti punya sisi baik dan buruk, tidak perlu mengklasifikasikan orang dengan hitam dan putih. 
 
Teman nantinya akan sering menemanimu menghabiskan masa kuliahmu. Teman yang akan menolong di saat sulit, dan ikut senang ketika kamu bahagia. Dan tentu jangan hanya memanfaatkan teman, kamu juga harus menjadi teman yang siap membantu ketika dibutuhkan.
 
4. Berpartisipasi dalam kegiatan kampus 
Kamu bisa ikut aktif dalam berbagai kegiatan kampus yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Ini akan lebih membuat hari-harimu lebih bermakna dan banyak pengalaman yang kamu dapat. Sebab, kuliah saja tidak cukup untuk menjadi lulusan yang siap terjun di dunia kerja, butuh soft skill yang bisa kamu peroleh lewat kegiatan non-akademik.
 
5. Menciptakan kondisi yang nyaman untuk belajar
Agar materi kuliah bisa menjadi mudah untuk diserap, kamu bisa ciptakan model belajar yang kamu sukai. Misalnya dalam bentuk obrolan atau diskusi, dalam bentuk belajar kelompok, atau sambil mendengarkan musik, dsb. 
 
6. Sesekali refreshing
Kamu tentu akan mengalami kejenuhan ketika menjalani masa-masa kuliah. Perlu kiranya kamu menghabiskan waktu di hari libur untuk bepergian ke tempat-tempat wisata di kotamu, agar pikiran kembali jernih.