Brilio.net - Karena lebih praktis dan hemat waktu, banyak orang lebih suka sarapan roti tawar setiap pagi. Cukup dengan memasukkannya ke toaster atau langsung diolesi selai, roti sudah siap dikonsumsi. Tapi apakah sehat? Belum tentu!

Banyak penelitian baru yang mengungkapkan bahwa roti dan sumber-sumber lain yang dari biji-bijian, termasuk gandum justru membahayakan kesehatanmu lho! Waduh!

Dilansir brilio.net dari Authority Nutrition, Jumat (22/5), ini alasan kenapa kamu mesti mengganti roti tawar dengan makanan lain untuk sarapan pagi. Perhatikan ya!

1. Menaikkan gula darah
Kebanyakan roti terbuat dari bubuk gandum yang mudah dicerna tapi juga menyebabkan lonjakan yang tinggi terhadap gula darah dan kadar insulin. Bahkan lonjakan akibat konsumsi gandum lebih besar daripada ketika mengonsumsi permen, lho. Akibatnya gula darah naik dan turun dengan cepat seperti roller coaster sehingga bikin kita menjadi sering lapar dan makan berlebihan.

2. Roti mengandung banyak gluten
Bahan dasar roti tawar adalah biji-bijian gluten yang dapat menyebabkan respons terhadap imun di dalam saluran pencernaan. Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa saja mengalami masalah pencernaan seperti nyeri, kembung, kelelahan, dan gejala-gejala lainnya.

3. Mengandung zat berbahaya
Roti mengandung gula yang sangat buruk bagi kesehatan karena mengandung antinutrisi yang menghalangi penyerapan mineral sepeti kalsium, zat besi dan seng di dalam tubuh.

4. Tidak ada nutrisi
Walaupun mengandung protein, roti tawar sesungguhnya nggak bergizi lho. Jika sebuah lapisan usus mengalami kerusakan bersama dengan asam fitat, maka akan mengurangi ketersediaan nutrisi. Bahkan gandum yang selama ini dikatakan baik, justru dapat memperburuk penyerapan vitamin D.

5. Mengandung banyak kolesterol jahat
Mengonsumsi gandum ternyata meningkatkan kadar kolesterol jahat sampai dengan 60 persen. Bahkan bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Masih mau sarapan pakai roti tawar? Kesehatanmu lho!