Brilio.net - Pesawat terbang memang sudah menjadi andalan saat melakukan perjalanan jauh. Bahkan, alat transportasi ini mulai ramai karena banyak maskapai penerbangan yang memberikan promosi besar-besaran. Hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin pergi ke luar negeri.

Akan tetapi, kamu tentu harus tahu etika saat naik pesawat untuk menjaga kenyamanan dengan penumpang lain.

Berikut adalah sepuluh etika yang harus kamu lakukan saat naik pesawat, sebagaimana dikutip brilio.net dari Business Insider, Kamis (10/9):

1. Perhatikan petugas keamanan

Sebelum masuk dalam mesin x-ray, keluarkan semua barang-barang yang ada di dompet dan juga sakumu. Setelah proses scanning selesai, langsung ambil barang milikmu. Jangan sampai kamu menghalangi jalan orang lain untuk mengambil barang miliknya.



2. Ingat jumlah barang bawaan

Jika kamu membawa dua tas, lebih baik tas yang ukurannya lebih kecil dibawa saja. Sedangkan yang ukuran besar diletakkan di tempat penyimpanan tas. Tetapi ingat, jangan sampai tasmu memenuhi tempat orang lain. Jika hal ini terjadi, biasanya kamu akan ditegur oleh sang pramugari.



3. Jangan ribut dengan pramugari terkait gadget

Lebih baik matikan semua gadget yang kamu bawa saat di dalam pesawat. Biasanya akan diperingatkan terlebih dahulu dari sang pramugari. Selain itu, para pramugari juga selalu mengawasi setiap penumpang untuk menegur siapa saja yang menyalakan gadget. Tidak usah didebat, karena memang prosedur keselamatan penerbangan internasional juga mewajibkan semua penumpang untuk tidak mengaktifkan ponselnya saat perjalanan.



4. Kaki ingin selonjoran?

Hanya beberapa kelas penerbangan yang bisa memberikan kenyamanan ekstra. Jika kamu ingin menyelonjorkan kaki di pesawat, kamu harus memperhatikan penumpang yang lain. Apalagi saat kamu berada di tengah, jangan sampai mengganggu kenyamanan penumpang lain.



5. Bagi kamu yang duduk di tengah

Mendapat kursi di bagian tengah memang kurang nyaman. Kamu tidak bisa meregangkan tangan kamu. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati jika ingin tidur. Prinsipnya adalah pastikan orang yang di sebelah kanan atau kiri tidak terganggu.


2 dari 2 halaman




6. Cek dulu bau badanmu

Pastikan kamu memakai deodoran sebelum naik pesawat. Hal ini untuk mengantisipasi bau badan yang tidak sedap dari tubuh kamu. Jika kamu ingin memakai parfum, jangan terlalu banyak. Apalagi aroma parfum yang menyengat. Terlalu wangi juga akan membuat penumpang lain risi sendiri.



7. Jangan memaksa orang lain menjadi teman ngobrol

Ngobrol dengan penumpang lain sah-sah saja. Akan tetapi, jika tidak mungkin jangan dipaksakan. Bisa jadi orang yang kamu ajak ngobrol sedang merasa capai dan sedang menempuh perjalanan yang jauh. Intinya, kamu harus bisa menempatkan diri dalam situasi apapun.



8. Jika ingin ke kamar kecil

Jangan terlalu lama menggunakan toilet di pesawat. Bisa jadi banyak orang yang sedang mengantrenya juga. Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan toilet. Usahakan jangan pergi ke kamar kecil saat sang pramugari membagikan menu dengan kereta makanannya.



9. Posisi tidur

Tidur di dalam pesawat memang hal yang wajar. Akan tetapi, perhatikan orang yang ada di sekitarmu. Jangan sampai kamu posisi tidurmu mengganggu kenyamanan mereka. Apalagi suara mendengkur saat tidur, jangan sampai ya!



10. Jaga suara

Pesawat bukanlah tempat karaoke. Jika kamu sedang mendengarkan musik, jangan disertai menyanyi dengan suara yang keras. Hal ini untuk menjaga rasa nyaman terhadap penumpang yang lain. Semerdu apapun suaramu, lebih baik diam saja.