Brilio.net - Minyak aromaterapi banyak digunakan untuk pengobatan alternatif. Kandungan aromaterapi biasanya menggunakan minyak esensial yang telah diekstraksi dari berbagai bagian tanaman ini bisa untuk menenangkan pikiran dan juga membantu penyembuhan beberapa gangguan kesehatan ringan.

Tapi sebenarnya apa saja sih, jenis aromaterapi dan gangguan kesehatan yang bisa diatasi? Inilah empat minyak aromaterapi yang perlu kamu ketahui manfaatnya, seperti dilansir brilio.net dari Pure Wow, Minggu (13/12):


1. Lavender

4 Jenis aromaterapi ini dipercaya bisa atasi gangguan kesehatan kamu

Kamu harus pendadaran atau sidang skripsi beberapa jam lagi, dan seketika kemeja putih kesayanganmu terkena tumpahan kopi saat meminumnya di pagi hari. Panik nggak? Jelas. Stres? Bisa.

Tapi tenang, stres yang kamu rasakan itu bisa diredakan dengan minyak aromaterapi lavender. Untuk sensasi relaks seketika, tuangkan beberapa tetes minyak lavender lalu pijatkan ke kulit kepala. Bisa juga meneteskannya di tisu atau sapu tangan dan hirup aromanya perlahan. Aroma lavender ini bisa membantu menenangkan sistem saraf.


2. Minyak sereh atau lemongrass

4 Jenis aromaterapi ini dipercaya bisa atasi gangguan kesehatan kamu

Jet lag sangatlah mengganggu, terlebih lagi jika kamu sedang bepergian untuk urusan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Nah, untuk mengatasi jet lag, hiruplah minyak sereh atau lemongrass. Sereh punya efek meningkatkan mood dan menyegarkan pikiran. Menjaga otak kamu tetap bisa konsentrasi dan terhindar dari rasa lelah, setidaknya sampai kamu tiba di hotel atau tempat penginapan.


3. Peppermint

4 Jenis aromaterapi ini dipercaya bisa atasi gangguan kesehatan kamu

Dikejar deadline sehingga harus lembur, terkadang membuat mata lelah dan kepala terasa tegang. Saat itulah kamu memerlukan aroma peppermint. Minyak peppermint mengandung menthol, anestesi alami yang 'melumpuhkan' reseptor rasa sakit. Sebuah studi menunjukkan bahwa menerapkan setetes minyak peppermint pada dahi sama efektifnya dengan kamu minum acetaminophen (zat penghilang rasa sakit).


4. Minyak jahe

4 Jenis aromaterapi ini dipercaya bisa atasi gangguan kesehatan kamu

Jika kamu terbangun di pagi hari dan merasa mual, kamu bisa menggunakan minyak jahe. Minyak jahe diketahui bisa membantu memulihkan pencernaan. Dengan menghirup aroma minyak jahe bisa membantu mengatasi rasa mual.