Brilio.net - Beberapa hari terakhir ini kondisi cuaca dengan hujan deras mengakibatkan banjir di beberapa wilayah. Curah hujan dengan intensitas tinggi membuat juga membuat beberapa kawasan di DKI Jakarta terendam banjir. Banjir tersebut bahkan masuk hingga pemukiman warga.

Banjir yang masuk ke dalam rumah membuat perabotan rusak. Belum lagi usai banjir surut, rumah akan terlihat kotor setelah terkena air yang masuk ke dalam rumah.

Bukan orang Indonesia namanya bila tidak menemukan cara-cara kreatif dalam mengurangi dampak dari banjir. Sebuah video viral di Twitter menunjukkan tips mencegah agar air yang masuk rumah saat banjir tidak terlalu tinggi.

Loading...

Video tersebut menjelaskan bahwa air yang masuk ke rumah saat banjir tak terlalu tinggi, bisa gunakan triplek di pintu yang pinggirnya diberi lilin mainan agar air tak merembes.

Menurut suara yang terdapat dalam video tersebut, yang dibutuhkan adalah triplek atau papan selebar pintu, batangan besi yang biasa digunakan untuk membuat rak buku, skrup, serta lilin mainan.

Pria dalam video menjelaskan bahwa batangan besi yang biasa digunakan untuk membuat rak buku itu disekrup di tiang pintu terlebih dahulu. Kemudian, papan atau triplek pun ditaruh di tempat tersebut.

Selanjutnya yang paling krusial adalah menempelkan lilin mainan di sepanjang sela-sela batang besi dengan triplek tersebut. Tujuannya agar air tidak merembes lewat sela-sela batang besi dan papan. Lilin mainan itu ditempelkan di bagian samping dan bawah papan.

Pria dalam video itu membuktikan bahwa rumahnya tak terlalu terendam banjir. Air yang terdapat di dalam rumah justru air yang bening dan merembes dari sela-sela keramik.

Unggahan video dari akun @SahabatSaber itu hingga kini telah lebih dari 340 ribu kali. Tak hanya itu, video tersebut juga telah dibagikan lebih dari 9 ribu kali dan disukai lebih dari 17 ribu kali.

Netizen menyambut positif tips tersebut yang sangat bermanfaat bila diaplikasikan ketika banjir terjadi.

"Suka sama optimisme bapaknya," tulis @zakidisini_.

"Ini yg namanya ikhtiar, banjir tdk bisa dihindari bahkan dihilangkan tp paling tidak bisa diminimalisir area yg terdampak banjir. Tetap semangat," tulis @GAB_Wisnu.

"Banjir merangsang rakyat utk lebih mengembangkan kecerdasan... Berkah lain..," tulis @yazid_fadhlan.