Brilio.net - JF3 Fashion Festival yang merupakan salah satu festival mode terbesar di Indonesia kembali digelar pada tanggal 1 – 11 September 2022 di Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Perhelatan mode JF3 kali ini bekerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta serta Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Dalam penyelenggaraannya tahun ini, JF3 mengusung tema #CulturalDiversity sebagai bentuk dukungan terhadap keragaman budaya di Indonesia.

JF3 Fashion Festival © berbagai sumber

foto: JF3 Fashion Festival 2022/Chairman JF3, Soegianto Nagaria

“Melihat pandemi yang semakin terkendali, maka dengan sangat bersyukur kami dapat kembali menghadirkan rangkaian acara JF3 secara offline. Tahun ini kami mengangkat dua tema penting, yaitu sustainability sebagai ajakan untuk memulai gerakan fashion yang bertanggung jawab secara sosial dan terhadap lingkungan untuk mendukung kelangsungan hidup. Selain itu tema penting kedua yang kami hadirkan tahun ini adalah budaya. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan desainer, brand, dan UMKM berbasis mode yang memiliki visi untuk mengangkat budaya dalam karya mereka, baik di atas runway JF3 maupun dalam Pameran Fashion Village”, ujar Chairman JF3, Soegianto Nagaria.

JF3 Fashion Festival 2022 terdiri dari tiga aktivitas utama yaitu Fashion Festival, JF3 Model Search & Pintu Incubator, dan juga Pameran Fashion Village.

Fashion Festival dengan runway berteknologi terkini

JF3 Fashion Festival © berbagai sumber

foto: JF3 Fashion Festival 2022

JF3 Fashion Festival 2022 akan menghadirkan rangkaian fashion show yang menampilkan beragam karya dari desainer dan brand terkemuka di Indonesia. Fashion show akan berlangsung pada tanggal 1-6 September 2022 di JF3 Fashion Tent, La Piazza Summarecon Kelapa Gading, Jakarta. JF3 Fashion Tent merupakan sebuah fasilitas yang dibangun secara khusus untuk menghadirkan runway yang mengusung teknologi terkini untuk menghasilkan pengalaman terbaik baik bagi para pelaku presentasi mode maupun penonton.

Selain itu, runway JF3 Fashion Tent juga dilengkapi dengan tata lampu dan fasilitas pendukung yang memenuhi standar panggung mode dunia untuk mengangkat detail keindahan koleksi yang akan dipresentasikan.

Rangkaian fashion show akan dibuka dengan pemberian apresiasi kepada tiga tokoh mode yang dinilai memberikan kontribusi penting terhadap industri mode Tanah Air. Kategori pemberian apresiasi yang diberikan meliputi Fashion Desainer, Fashion Support, dan Fashion Icon. Lebih lanjut, rangkaian fashion show dilanjutkan dengan pagelaran bertajuk “TAMRA NUSANTARA”, yakni sebuah presentasi ragam aksesori dan perhiasan yang terinspirasi budaya nusantara serta merupakan hasil kolaborasi dari The Palace dan Samuel Wattimena.

JF3 Fashion Festival 2022 juga akan mempresentasikan karya dari merek fesyen dan desainer terkemuka mulai dari Tities Sapoetra, Wilsen Willim, Didi Budiardjo, Danny Satriadi, Ivan Gunawan, Mel Ahyar, hingga kolaborasi 60 brand lokal dari LAKON Store, Danjyo Hiyoji serta beberapa institusi fashion Indonesia seperti Dekranasda Nusa Tenggara Timur, APPMI, IPMI dan Cita Tenun Indonesia.

Puncak acara JF3 Fashion Festival 2022 akan ditutup dengan kolaborasi antara LAKON Indonesia dengan seniman maestro batik Indonesia yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah yaitu, Cahyo yang bertajuk ‘LORONG WAKTU’. Kolaborasi keduanya akan berlangsung pada tanggal 6 September 2022.

Presentasi LAKON Indonesia selalu menghadirkan sesuatu yang berbeda. Hal ini sesuai dengan visinya untuk melestarikan budaya Indonesia yang dituangkan ke dalam presentasi yang sangat modern. Pada puncak acara JF3 Fashion Festival, Cahyo akan menghadirkan pentas yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat mode Tanah Air dari hasil karya tangan-tangan pengrajin tradisional yang dipadukan dengan keluwesan serta teknik pewarnaan Cahyo yang istimewa.

Pencarian bakat JF3 Model Search dan program baru Pintu Incubator

JF3 Fashion Festival juga memiliki serangkaian kegiatan menarik, yaitu pencarian bakat JF3 Model Search dan program baru yang bernama Pintu Incubator. Regenerasi dan pencarian bakat baru pelaku mode kembali dilakukan melalui kegiatan JF3 Model Search. Audisi kali ini dilakukan di tiga kota, yaitu Medan, Surabaya dan Jakarta.

Para pelaku mode sangat antusias dengan audisi yang digelar sehingga JF3 berhasil mendapatkan talenta baru yang potensial untuk ikut membangun industri mode Tanah Air di masa depan. Gelaran JF3 tahun ini juga turut menghadirkan program baru yaitu Pintu Incubator, yakni hasil kolaborasi LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis yang terjalin melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI).

Program ini diluncurkan untuk mendorong perkembangan merek fesyen lokal Indonesia dalam program inkubasi yang terdiri dari serangkaian kegiatan mentorship yang terintegrasi dengan panggung JF3. Setelah melalui program mentoring dan kurasi, presentasi koleksi dari tujuh merek fesyen hasil kurasi Pintu Incubator akan diselenggarakan pada 3 September 2022 di runway JF3 Fashion Festival.

Pameran Fashion Village

Usung tema #CulturalDiversity, JF3 Fashion Festival 2022 resmi digelar © 2022 brilio.net

foto: JF3 Fashion Festival 2022

Eksibisi UMKM, merek lokal, dan pelaku mode akan berlangsung dalam Pameran Fashion Village yang berlokasi di Summarecon Mall Kelapa Gading. Gelaran ini akan menghadirkan beragam produk berbasis budaya yang telah dikurasi serta wastra nusantara seperti kain batik dan tenun.

Pameran ini berlangsung pada tanggal 1-11 September 2022 dan diikuti oleh 51 tenant dengan berbagai instalasi yang dapat memberikan informasi mengenai pentingnya fesyen berkelanjutan. Selain itu, gerakan sustainability ini juga secara aktif akan diikuti dan diterapkan oleh seluruh peserta eksibisi.

Seluruh rangkaian acara JF3 akan tetap mengutamakan protokol kesehatan, salah satunya wajib menggunakan masker dan tetap menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat utama untuk masuk ke area Summarecon Mall Kelapa Gading. Informasi lengkap dan terbaru mengenai JF3 bisa didapatkan melalui akun media sosial instagram @JFFF_info.