Brilio.net - Selain penanggalan masehi, sistem penanggalan China masih kerap digunakan hingga sekarang. Etnis Tionghoa sendiri telah tersebar hampir di seluruh dunia. Bukan hal mengherankan jika banyak orang masih menggunakan penanggalan China.

Bicara soal penanggalan China, momen pergantian tahun menjadi perayaan yang masif. Tak hanya dirasakan oleh etnis Tionghoa, semua masyarakat dunia ikut merayakannya. Terlebih di Indonesia juga menjadi hari libur nasional.

Perayaan pergantian tahun baru China atau kerap disebut Imlek. Perayaan tersebut menjadi perayaan yang dilakukan di berbagai penjuru dunia. Imlek tahun 2570 kali ini jatuh pada hari Selasa, 5 Februari. Berbagai pernak pernik bernuansa merah dan emas menghiasi sebagian besar sudut Indonesia. Banyak hal menarik mengenai Imlek di antaranya pemberian angpao, perayaan kembang api, barongsai, pernak-pernik berwarna merah, hingga ucapan selamat imlek yakni Gong Xi Fa Cai.

Imlek memang identik dengan ucapan Gong Xi Fa Cai. Ucapan Gong Xi Fa Cai sendiri berarti ucapan doa kebahagiaan dan kesejahteraan. Namun selain Gong Xi Fa Cai ternyata banyak juga ucapan-ucapan imlek yang pastinya memiliki makna doa yang dalam.

Selain Gong Xi Fa Cai, kamu bisa memberikan ucapan kepada teman, saudara, atau sahabatmu yang merayakan Imlek dengan beberapa kalimat berikut ini. Brilio.net menghimpun dari laman says pada Senin (4/2), berikut ucapan imlek selain Gong Xi Fa Cai.

1. Gng hè xn x.

ucapan imlek chinahighlights

foto: creativemarket


Cara bacanya Goung-he shin-shee. Artinya adalah selamat tahun baru.

2. Gng hè xn x, wàn shì rúyì.

ucapan imlek chinahighlights

foto: yacgp


Cara bacanya Goung-he-shin-shee, wan-shir-ru-yee. Arti dari ucapan ini adalah selamat liburan, semoga kebahagiaan selalu menyertaimu di sepanjang tahun ini.

3. Fú lù shòu.

ucapan imlek chinahighlights

foto: pinterest


Cara bacanya Foo-loo-show. Artinya adalah doa semoga kebahagiaan dan kemakmuran selalu menyertaimu. Semoga kamu selalu diberi panjang umur.

4. Gng zhù jiàn kng, xìng yùn, xn nián kuài lè.

ucapan imlek chinahighlights

foto: creativemarket


Cara bacanya Goung-chuo jee-an-kang, shin-nian-kwai-luh. Ucapan ini memiliki arti doa semoga kamu senantiasa diberi kesehatan, keberuntungan, kesuksesan, dan semoga kamu selalu bahagia sepanjang tahun.

5. Xn xing shì chéng.

ucapan imlek chinahighlights

ucapan imlek chinahighlights

foto: babyhome


Cara bacanya Sin-siang shui-cherng. Arti ucapan ini adalah doa semoga semua keinginanmu bisa terwujud.

6. Gng hè xn x, zhù shn t jiàn kng, shì yè f dá.

ucapan imlek chinahighlights

foto: creativemarket


Cara bacanya Gong-her shin-shee, choo-shen-ti-jian-kang, she-yeh-fah-dah. Artinya ucapan ini adalah selamat tahun baru, semoga kamu selalu diberi kesehatan dan kemakmuran.

7. Shn t jiàn kng.

ucapan imlek chinahighlights

foto: says.com


Cara bacanya adalah Shen-tee-jian-kang. Ucapan ini memiliki arti mendoakan agar kamu selalu diberi kesehatan.

8. M dào chéng gng.

ucapan imlek chinahighlights

foto: 333jcw


Cara bacanya Ma-dao-cheng-guong. Ucapan ini memiliki arti semoga kamu senantiasa diberika kesuksesan yang mudah dan instan.

9. Dà jí dà lì.

ucapan imlek chinahighlights

foto: deviantart.com


Cara bacanya Dah-gee-dah-lee. Ucapan ini memiliki arti doa semoga kamu selalu diberikan kesuksesan dan untng besar.

10. Nián nián yu yú.

ucapan imlek chinahighlights

ucapan imlek chinahighlights

foto: pathsatlanta.org


Cara bacanya Nian-nian yo-you-ee. Ucapan ini memiliki arti sebuah doa agar kamu selalu diberikan kelimpahan keberuntungan yang tidak pernah berujung.

11. Lóng m jng shén.

ucapan imlek chinahighlights

foto: chinahighlights


Cara bacanya Loung-muh-jing-shern. Ucapan ini memiliki arti doa agar kamu memiliki vitalitas yang luar biasa.

Beberapa ucapan di atas memiliki huruf dengan beragam tanda di setiap huruf. Tanda tersebut merupakan nada yang membantu orang melafalkannya. Jika huruf China dalam bahasa Mandarin disebut Hanzi. Kata-kata dalam bentuk latin disertai dengan nada baca dijuluki dengan pinyin.