Brilio.net - Tim medis merupakan garda terdepan yang saat ini memang sangat dibutuhkan untuk menangani pasien Virus Corona atau COVID-19. Seiring bertambahnya pasien COVID-19, membuat para petugas medis mulai kewalahan dan membutuhkan tempat untuk beristirahat.

Sebelumnya sempat beredar kisah perawat di RSUD Margono Sokarjo setelah berjibaku di ruang isolasi, perawat ini harus rela pindah rumah kos karena penolakan pemilik. Pemilik kos khawatir petugas medis akan membawa virus dan menularkan ke penghuni yang lain.

Mendengar cerita miris pada tim medis tersebut mengetuk hati beberapa pihak yang akhirnya bersedia memberikan tempat tinggal sementara.

Dilansir brilio.net dari Antara, Sabtu (28/3) satu pengelola penginapan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyediakan tempat istirahat bagi tenaga medis yang terlibat dalam penanganan COVID-19, khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto.

"Mulai hari ini, Aksara Homestay milik PT Aksara Investama Propertindo, diubah dan dioperasikan sebagai tempat peristirahatan bagi para tenaga medis di Banyumas yang sedang berjuang keras mengalahkan wabah COVID-19. Kami menutup total hotel ini untuk tamu-tamu umum," kata Direktur Utama PT Aksara Investama Propetindo Brili Agung di Purwokerto.

Loading...

Brili mengatakan perusahaan sudah menyiapkan 24 kamar yang mampu menampung 48 personel kesehatan. Kamar-kamar untuk petugas medis dibersihkan dan disemprot disinfektan secara rutin. Pengelola juga menyediakan sarapan, masker, serta cairan pembersih tangan untuk para tenaga medis.

"Hari ini, beberapa tenaga medis dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo mulai menempati Aksara Homestay, lainnya akan segera menyusul," kata Brili.

"Mereka turun berjuang melayani warga Banyumas dalam masa sulit, dan siap menghadapi tantangan berat dengan risiko sangat tinggi. Dukungan dari kita semua, semoga dapat meringankan beban para pejuang kemanusiaan ini," ia menambahkan.

Direktur RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto dr. Tri Kuncoro, M.M.R. mengapresiasi bantuan dari PT Aksara Investama Propetindo.

"Ini sangat membantu sekali terutama bagi para tenaga kesehatan yang rumahnya jauh, mengalami kelelahan, atau misalnya terjadi sensitivitas warga, mungkin warga menolak atau bagaimana, nanti bisa memanfaatkan bantuan tersebut. Ini sangat positif bagi partisipasi masyarakat dalam melawam corona, khususnya untuk support tenaga kesehatan di RSMS Purwokerto," katanya.

Dalam unggahannya di Twitter, Brili mengatakan meski penginapannya kecil, namun tetap nyaman bagi tim medis yang akan beristirahat.

Pemilik hotel di Banyumas ini gratiskan 24 kamar Twitter

foto: Twitter/@BriliAgung

"Hotel saya memang kecil, hanya 24 kamar dan mampu menampung 48 orang saja.

Tapi insyaallah per hari ini saya hibahkan semua untuk tempat istirahat nakes di RS Rujukan Covid-19 di Banyumas.

Semoga langkah sederhana ini dapat membantu.

@ganjarpranowo," ujarnya di Twitter.