Brilio.net - Nintendo adalah perusahaan teknologi inovatif dan game yang berbasis di Kyoto. Kota ini merupakan bekas ibukota Jepang dan juga pusat budaya. Dengan kombinasi itu, kamu tentu mengharapkan bangunan kantor pusat perusahaan video game itu memadukan gaya modern dan klasik.

Namun, bayangan itu jauh dari kenyataanya? Bangunan kantor Nintendo saat ini hanyalah gedung beton dengan nama perusahaan berwarna abu-abu dan jendela-jendela kecil. Secara visual, ini sangat menjemukan untuk dilihat.

kantor nintendo rocketnews24.com

Dikutip brilio.net dari rocketnews24.com, Rabu (1/2), pada 129 tahun yang lalu, markas Nintendo terlihat jauh lebih bergaya. Setidaknya bagi pandangan orang modern yang dibuktikan dengan foto paling awal dari bangunan kantor Nintendo. Bentuk kantor pertama Nintendo itu terungkkap lewat tweet sejarawan video game Prancis, Florent Gorges dari penerbit Omake Books.

Loading...

Dipotret pada tahun 1889, foto tersebut menunjukkan bangunan yang panjang dengan dinding eksterior seperti kisi-kisi kayu khas Kyoto. Lihat di atas sepeda yang diparkir, di mana gambar mulai memudar, ada tulisan teks bahasa Inggris "Marufuku Nintendo Card Co" merujuk produk Nintendo yang pertama: hanafuda bermain kartu.

Selain itu baris bawah teks ada tulisan yang saat dibaca dari kanan ke kiri berbunyi, "Yamauchi Nintendo". Ini mengacu pada pendiri perusahaan Fusajiro Yamauchi.

Bangunan itu termasuk kategori mewah untuk sebuah perusahaan yang belum lama berdiri. Perlu dicatat bahwa Yamauchi adalah anak angkat dari Naonana Yamauchi, pemilik perusahaan pemasok beton dan batu kapur Haiko Honten. Fusajiro terus menjalankan Haiko Honten bersamaan dengan Nintendo setelah menggantikan ayah angkatnya. Sementara kedua perusahaan tersebut dipisah pengelolaanya pada tahun 1927.

Jadi, seandainya kamu jalan-jalan ke Kyoto, ambil kamera dan jepret bangunan abu-abu itu. Siapa tahu hasil fotomu akan terlihat menakjubkan bagi orang-orang seabad dari sekarang.