Brilio.net - Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji mendadak menjadi bulan-bulanan warganet Indonesia atas unggahan dan pernyataannya di Instagram beberapa waktu lalu.

Pada unggahannya sekitar empat hari lalu, Lavanya Sivaji mengunggah potret dirinya yang mengenakan dress hitam dari kain batik. Pada unggahannya itu, Lavanya menambahkan caption dengan mengatakan bahwa batik berasal dari negaranya.

Miss World Malaysia minta maaf usai akui batik berasal dari negaranya Instagram

foto: Instagram/@insta.nyinyir

"Bagi saya kain batik melambangkan keanekaragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan dan desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 buatan kain batik Malaysia," tulisnya.

Perkataan ini lah yang akhirnya menuai sorotan masyarakat Indonesia. Mereka tidak terima atas pengakuan tersebut, lantaran batik berasal dari Indonesia seperti yang telah diakui oleh dunia melalui UNESCO.

"Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009," tulis seorang warganet @murp_23.

Menyadari unggahannya menjadi serbuan masyarakat Indonesia, Lavanya pun mengubah caption unggahannya itu.

Miss World Malaysia minta maaf usai akui batik berasal dari negaranya Instagram

foto: Instagram/@lavanyasivaji

"Aku merasa bersyukur telah diajarkan untuk mengapresiasi perbedaan budaya dan aku ingin mengucapkan terima kasih kepada desainerku atas gaun yang indah untuk malam finalku. Aku sangat bangga merepresentasikan negaraku dan aku siap untuk menjalani perjalanan baru sepenuhnya," tulis Lavanya Sivaji.

Tidak ingin permasalahan ini semakin panjang, Lavanya dengan kerendahan hatinya meminta maaf atas apa yang sudah dia sampaikan. Permohonan maaf itu disampaikan Lavanya lewat unggahan Instagram-nya. Pada unggahan itu, Lavanya mengunggah potret dirinya mengenakan batik yang sama.

"Hai semuanya! Untuk seluruh pecinta kontes kecantikan terutama di Indonesia. Aku harap kalian dalam kondisi sehat. Pertama-tama, saya ingin mengucapkan permintaan maaf jika unggahanku (sebelumnya) menyinggung banyak pihak. Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa, begitu pun dengan desain dan sejarahnya," tulis Lavanya Sivaji seperiti dilansir brilio.net dari Instagram @lavanyasivaji, Kamis (21/10).

Tidak hanya meminta maaf, Lavanya juga menjelaskan pengetahuannya soal batik. Menurutnya, beberapa negara lain seperti Malaysia, Sri Lanka, dan India juga mempraktikkan unsur batik dengan desain dan motifnya masing-masing. Lavanya juga mengungkapkan, akan selalu bangga mengenakan batik, baik itu dari negaranya, maupun Indonesia.

Miss World Malaysia minta maaf usai akui batik berasal dari negaranya Instagram

foto: Instagram/@lavanyasivaji

"Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya.

Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing," sambungnya.

"Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, aku akan selalu merasa bangga memakai batik. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada kalian semua karena telah mengingatkanku untuk menghormati akar, budaya, dan tradisi kita. Setiap kali aku memakai Batik, aku bisa merasakan kekuatan nutrisi dari seorang wanita sejati. Kami memiliki kekuatan super. Kami adalah penyembuh. Kami adalah ibu," pungkas Lavanya Sivaji.

(brl/lin)

(brl/lin)