Brilio.net - Setiap muslim pasti sudah mengetahui rukun iman. Nah dalam rukun iman terdapat enam hal yang harus kita percaya. Salah satunya iman kepada Alquran dan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya.

Seorang Muslim wajib mempelajari Alquran karena pedoman dalam menjalani kehidupan di dunia. Hal ini agar manusia tidak terjerumus ke dalam neraka.

Manfaat Alquran dapat dipahami artinya, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Keajaiban Alquran di dunia adalah isinya, yaitu merupakan firman Allah SWT yang tidak ada keraguan di dalamnya.

Sehingga umat Islam tidak perlu ragu terhadap isi dari Alquran. Maka kita juga harus mempelajari, memahami, serta membacanya agar keimanan semakin bertambah.

Tentu saja dalam membaca Alquran tidak boleh asal-asalan atau sembarangan. Sebab jika kita sembarangan melafalkannya maka akan mengubah makna yang terkandung di dalamnya. Saat membaca Alquran wajib mengetahui tajwid.

Nah, salah satu dari hukum bacaan tajwid tersebut adalah hukum bacaan mad. Mad menjadi salah satu hukum yang paling penting untuk dipelajari dalam ilmu tajwid.

Makna dari hukum bacaan mad terbagi menjadi dua. Secara bahasa sendiri, mad mempunyai arti panjang. Sedangkan secara istilah, mad mempunyai pengertian membaca panjang pada huruf yang ada pada Alquran.

Seseorang yang tidak paham hukum mad, dapat menyebabkan kesalahan dalam membaca. Memanjangkan apa yang harus dibaca pendek atau sebaliknya.

Untuk mempelajarinya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/4), macam-macam mad bacaan tajwid Alquran, beserta penjelasan dan contohnya.

Macam-macam bacaan mad.

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Secara umum, bacaan mad terbagi menjadi dua saja, yaitu mad thabi'i (mad asli) dan mad far'i (mad cabangnya atau bagiannya). Nah, dari mad far'i ini, nanti dibagi lagi hukum mad menjadi 14 macam-macam mad.

Jadi, kalau di total secara keseluruhan ada 15 macam mad. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai semua hukum mad ini, telah diulas lebih lengkap tentang macam-macam mad dan penjelasannya.

a. Mad Thabi'i.

Mad Thabi'i(mas asli) merupakan macam-macam mad yang terjadi apabila ada alif yang terletak sesudah fathah, atau ya' sukun terletak sesudah kasrah atau juga huruf wau yang terletak sesudah dhammah, maka ini dihukumi sebagai bacaan mad thabi'i. Di mana Mad berarti panjang dan Thabi'i yang artinya biasa.

Cara membacanya satu alif atau sepanjang dua harakat, contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



b. Mad Far'i.

Mad Far'i secara bahasa artinya adalah cabang. Sedangkan menurut istilah Mad Far'i adalah mad yang merupakan hukum tambahan dari mad asli (sebagai hukum asalnya), yang disebabkan hamzah atau sukun. Nah, Mad Far'i ini terbagi menjadi beberapa macam, di antaranya sebagai berikut:

1. Mad Wajib Muttasil.

Macam-macam mad selanjutnya adalah bagian dari Mad Far'I, pertama yaitu Mad Wajib Muttasil. Terjadinya mad ini apabila mad thabi'I bertemu dengan hamzah pada satu kalimat atau ayat. Untuk cara membacanya, wajib dipanjangkan sepanjang lima harakat atau setara dengan dua setengah kali dari mad thabi'i (dua setengah alif). Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



2. Mad Jaiz Munfashil.

Mad Jaiz Munfasil terjadi apabila ada mad thabi'i yang bertemu dengan hamzah, namun hamzah tersebut berada pada lain kalimat. Jaiz sendiri berarti boleh, sedangkan Munfashil memiliki arti terpisah.

Nah, untuk membaca mad ini adalah boleh seperti Mad Wajib Muttasil tadi dan boleh juga seperti Mad Thobi'i. Begini contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



3. Mad 'Arid Lisuukun.

Mad 'Arid Lissukun dibaca jika terdapat waqaf atau tempat pemberhentian membaca, sedangkan sebelum waqaf tersebut terdapat Mad Thobi'i atau Mad Lein. Cara membacanya adalah terbagi menjadi tiga macam:

- Yang paling utama dibaca panjang seperti halnya mad wajib muttashil atau setara 6 harakat.

- Yang pertengahan bisa dibaca sepanjang empat harakat ya'ni dua kalinya mad thobi'i.

- Yang pendek ya'ni boleh hanya dibaca seperti mad thobi'i biasa.

Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



4. Mad 'Iwad.

Mad 'Iwadl adalah mad yang dibaca jika terdapat fathatain yang ditemukan pada waqaf atau pemberhentian pada akhir kalimat atau ayat. Untuk cara membaca mad ini adalah seperti mad thobi'i. Contohnya adalah:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



5. Mad Badal.

Mad Badal terjadi jika terdapat hamzah (

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com ) bertemu dengan sebuah Mad, maka cara untuk membacanya adalah seperti Mad Thobi'i. Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



6. Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi.

Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi ini masih termausk ke dalam macam-macam mad. Mad ini terjadi jika ada Mad Thabi'i bertemu dengan tasydid pada satu kata atau ayat. Cara membaca mad ini adalah harus panjang selama tiga kali Mad Thabi'i atau sekitar enam harakat. Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com


7. Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi.

Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi ini adalah mad yang terjadi jika ada Mad Thob'i bertemu dengan huruf mati atau sukun. Cara membacanya adalah sepanjang enam harakat. Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



8. Mad Shilah Thawilah.

Macam-macam mad selanjutnya adalah Mad Shilah Thawilah. Mad ini dihukumi jika ada Mad Qashirah bertemu dengan hamzah (

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com ).

Cara untuk membacanya adalah seperti Mad Jaiz Munfashil. Contohnya adalah:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



9. Mad Shilah Qashirah.

Mad Shilah Qashirah terjadi jika ada haa dhamir sedangkan sebelum haa tadi terdapat huruf hidup (berharakat). Maka untuk cara membacanya haruslah panjang seperti halnya mad thobi'i. Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



10. Mad Layyin.

Macam-macam mad selanjutnya adalah Mad Layyin. Mad ini terjadi jika setelah huruf yang berharakat fatha wau sukun atau ya' sukun. Cara membacanya adalah dengan membaca mad dengan sekedar lunak dan lemas saja. Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



11. Mad Lazim Harfi Musyabba'.

Mad Lazim Harfi Musyabba' adalah bacaan mad yang biasanya kita temukan pada permulaan surat dari beberapa surat di Alquran. Beberapa huruf mad yang biasanya kita temukan pada surat-surat di Alquran tersebut ada 8 huruf di mana di antaranya adalah sebagai berikut:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com

Cara membaca mad ini sama seperti Mad Lazim yaitu sepanjang enam harakat. Contohnya adalah:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



12. Mad Lazim Harfi Mukhaffaf.

Yaitu apabila ada permulaan surat dari Alquran ada terdapat salah satu atau lebih dari antara huruf yang lima yakni:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com

Contohnya adalah:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



13. Mad Tamkien.

Macam-macam mad selanjutnya adalah Mad Takien. Mad ini terjadi jika terdapat ya' sukun yang didahului dengan ya' yang bertasydid dan harakatnya kasra. Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com



14. Mad Farq.

Terakhir adalah mad farqi, yaitu bertemunya dua hamzah dimana satu hamzah istifham sedangkan yang kedua hamzah washol pada lam alif ma'rifat. Cara membacanya adalah sepanjang 6 harakat. Contohnya:

Macam-macam mad  © 2020 freepik.com