Brilio.net - Bukanlah perkara mudah yang harus dihadapi oleh seorang anak penyandang autis atau autisme. Sebuah kondisi dimana seseorang yang mengalami kelainan perkembangan saraf. Mereka berkembang seperti anak normal lain tapi dianugerahi Tuhan dengan kecerdasan yang bervariasi dan bakat yang berbeda-beda.

Berbicara mengenai anak yang menyandang autisme, kali ini ada kisah haru sekaligus menyentuh yang datang dari penyandang autisme bernama Jerico. Meski mengalami gangguan dalam berkomunikasi, bocah yang akrab disapa Riko ini mampu melantunkan azan dengan bagus. Bagi kamu yang mungkin belum terbiasa dengan anak autis, suara Riko hanya terdengar merdu. Tapi bagi yang terbiasa, akan paham betapa sulit dan susah payahnya untuk sekadar berbicara.

Lantunan azan dari Jerico diunggah Apfika Fista lewat lewat akun Youtube-nya. Fista menjelaskan Riko adalah seorang anak asuh dari Rumah Autis, klinik terapi autis untuk Dhuafa. Video tersebut Fista dapatkan dari kiriman seorang teman yang jadi pengelola Komunitas POSSIBLE, Surabaya, Jawa Timur.

Dalam video berdurasi 2 menit 24 detik tersebut, awalnya Riko tampak percaya diri melantunkan azan. Namun memasuki menit selanjutnya, Riko tak kuasa untuk menahan tangis. Susah berbicara tapi bisa melantunkan azan. Seolah ingin mengungkapkan apa yang dirasakannya tapi tak bisa menyampaikannya. Tapi Allah tahu dan sungguh besar karunia-Nya kepada Riko dalam ujian yang pahit itu.

"Barakallah untuk Jerico, semoga menjadi penghantar orangtuanya ke surga kelak," demikian tulis Apfika Fista, seperti dilansir brilio.net dalam caption videonya (18/4).

Nah, berikut video lantunan azam Jerico yang tak hanya merdu tapi bikin haru: