Brilio.net - Sejak munculnya pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker demi mencegah penyebaran virus corona. Hingga saat ini, masker sudah menjadi bagian dari fashion sehari-hari. Hampir semua orang menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Uniknya, tak sedikit orang yang lebih memilih bikin masker sendiri daripada membeli produk masker di pasaran.

Tak mau ketinggalan, salah satu chef asal Yordania membuat juga membuat masker unik. Kalau biasanya masker terbuat dari bahan kain, namun kali ini masker yang dibuat oleh chef bernama Omar Sartawi terbuat dari kulit terong.

Masker kulit terong © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@omar_sartawi

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Omar menjelaskan alasannya membuat masker dari sisa makanan karena ia tak ingin membuang sisa makan. “Salah satu tujuannya saya adalah mengurangi limbah makanan, makanya saya buat masker dari kulit terong,” ucap Omar seperti dikutip brilio.net dari Metro.co.uk, Rabu (1/7).

Omar menjelaskan dalam mengolah masker kulit terong ini awalnya ia menaburkan garam pada setiap sisi kulit yang bertujuan untuk mengubah tekstur kulit terong yang lembut menjadi lebih keras mirip kulit binatang.

Dalam pembuatan masker ini, Omar bekerjasama dengan desainer ternama di Yordania Princess Nejla Asem dan Salam Dajani untuk lebih membuat masker terlihat estetik dan sempurna.

Masker kulit terong © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@omar_sartawi

Kedua desainer ini menjahit masker dengan menggunakan benang katun agar lebih awet dan kuat. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa tetap bernapas dengan nyaman selama menggunakan masker ini.

Perlu diketahui juga, bahwa masker ini semua bahannya menggunakan bahan sisa, dan tentu saja dapat membantu mengurangi limbah seperti yang diharapkan Omar.

(brl/guf)