Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), kecoak berperan membawa bakteri yang bisa menyebabkan penyakit usus, seperti disentri, diare, kolera, sampai demam tifoid. Selain itu, kecoak juga merupakan salah satu sumber alergen atau bisa menimbulkan alergi. Kandungan alergen ini terdapat di kotoran, bagian tubuh yang rontok, telur, sampai air liur kecoa.

Ada berbagai cara untuk membasmi kecoak, salah satunya menggunakan semprotan pembasmi serangga. Alat ini sangat berguna bagi mereka yang ingin membunuh kecoa tanpa menyentuh.

Kamu bisa menggunakan Vermigon Anti Semut & Kecoa. Cairan insektisida ini bisa memberikan serangan ganda superior dan ampuh serta dapat diandalkan untuk membasmi semut dan kecoa. Cek rekomendasi di bawah ini  untuk mendapatkan harga terbaik.

 

Tapi jika khawatir racun kecoak justru berbahaya bagi orang rumah, misalnya karena ada bayi atau balita, maka kamu bisa mempertimbangkan cara alami yang lebih aman. Seperti yang dilakukan oleh pemilik akun TikTok @casanaf__.

Untuk membuat cairan pembasmi serangga sendiri di rumah, kamu hanya perlu menyiapkan pasta gigi, sabun cuci piring, dan satu tambahan bahan masak yaitu cuka. Nah, cuka ini memiliki aroma yang kuat, yang bisa mengusir serangga yang tidak menyukainya, seperti kecoak, nyamuk, semut, atau kutu busuk.

Campurkan pasta gigi, sabun cuci piring, cuka, dan air ke dalam sebuah wadah. Perbandingannya 1 sendok makan pasta gigi, 1 sendok teh sabun cuci piring, 1 sendok teh cuka, dan 200 ml air. Kemudian, aduk hingga tercampur rata dan masukkan ke dalam botol spray.

bikin cairan pembasmi serangga © TikTok

foto: TikTok/@casanaf_

Tutup botol spray dengan rapat, lalu kocok hingga cairan tercampur dengan baik. Jika perlu, sesuaikan tekanan atau ukuran semprotan dengan memutar kepala semprot. Jangan mengocok botol spray terlalu keras, karena bisa menyebabkan cairan bocor atau tumpah dari botol spray.

Semprotkan cairan pembasmi serangga ke tempat-tempat yang sering menjadi sarang atau jalur serangga, seperti sudut-sudut ruangan, celah-celah pintu atau jendela, lubang-lubang dinding atau lantai, atau tempat-tempat yang lembab atau gelap.

Tapi, perhatikan jangan menyemprotkan cairan pembasmi serangga ke tempat-tempat yang sering disentuh oleh manusia atau hewan peliharaan, seperti meja, kursi, sofa, kasur, atau mainan, karena bisa menyebabkan iritasi kulit atau alergi.

bikin cairan pembasmi serangga © TikTok

foto: TikTok/@casanaf_

Ulangi langkah tersebut setiap hari atau setiap minggu, tergantung pada tingkat keparahan atau frekuensi serangan serangga. Jika perlu, tambahkan atau kurangi jumlah bahan-bahan yang digunakan, sesuai dengan efektivitas atau preferensi cairan pembasmi serangga. Nah, kamu bakal melihat kecoak-kecoak dan serangga lainnya perlahan akan mati.

bikin cairan pembasmi serangga © TikTok

foto: TikTok/@casanaf_

Cara ini cukup mudah dan murah, karena hanya membutuhkan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk kebersihan mulut, piring, dan makanan. Namun, cara ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti berisiko merusak permukaan atau bahan yang disemprot, dan membutuhkan waktu pembasmian yang cukup lama. Makanya, cara ini hanya disarankan sebagai solusi alternatif, dan sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan sesuai dengan kondisi rumah.

@casanaf__

 

suara asli - ipan cebol