Brilio.net - Bali, destinasi liburan terbaik Asia 2016 versi TripAdvisor rupanya tak hanya heboh dengan berita kunjungan Raja Salman. Salah satu pangeran Kerajaan Saudi, Fahad Bin Faisal Al Saud, juga ikut ramai diperbincangkan netizen dunia maya lantaran napak tilas saat menghabiskan liburan akhir tahun 2016 kembali dilakoninya pada 4 Maret 2017.

“Ini bagaikan napak tilas liburan beliau. Di momen pergantian tahun kemarin, Pangeran Fahad menghabiskan liburan di Pura Tirtha Empul, Tampaksiring, Gianyar, Bali,” terang Kepala Dinas Pariwisata Bali, A.A Gede Yuniartha Putra, Sabtu (4/3).

Raja fahad © 2017 brilio.net

Kebetulan, pangeran yang satu ini sangat gaul. Gayanya tak jauh beda dengan Presiden Jokowi yang sempat membuat vlog bersama Raja Salman. Momentum perayaan pergantian tahun akhir 2016 silam, diunggahnya ke jejaring sosial Instagram @yolofahad. Alhasil, dalam waktu singkat, Pangeran yang sempat bekerja di Facebook itu langsung menuai simpati dari banyak netizen.

"Banyak yang merespon positif. Dampak postingan Pangeran Fahad sangat besar bagi pariwisata Bali lantaran akun instagramnya difollow 977 ribu netizen. Hampir 1 juta orang dari berbagai penjuru dunia,” tambah Agung.

Salah satu foto memperlihatkan Fahad tengah berpose dengan teman-temannya di Pura Tirtha Empul, Tampaksiring, Gianyar. Dia diapit lima temannya dengan balutan kaus cokelat, topi, dan sarung khas Bali.

Raja fahad © 2017 brilio.net

"Powerful moments with the #balitribe," tulis Pangeran Fahad di keterangan foto tersebut.

Komentarnya sangat mengangkat Bali. Ratusan ribu followernya sukses dibuat penasaran oleh salah satu pura yang masyhur di Bali itu. Dan tak sedikit pula yang menanyakan di mana lokasi pura yang menyimpan bangunan bersejarah lainnya di antaranya istana Presiden yang dibangun di masa pemerintahan presiden Soekarno.

Tak hanya foto, Pangeran Fahad juga mengunggah rekaman video yang memperlihatkan sejumlah orang tengah melakoni ritual mandi air suci di Pura Tirtha Empul. Kesan yang terasa, Pangeran Kerajaan Saudi yang satu ini sangat menghargai budaya Bali.

Raja fahad © 2017 brilio.net

"Blessings and salutations #healingwaters," tulis Fahad dalam keterangan di video tersebut.

Menpar Arief Yahya berterima kasih pada Pangeran Fahad. Gara-gara sejumlah postingan tadi, nama Pura Tirtha Empul di Bali kembali menghentak dunia.

"Terima kasih Pangeran Fahad. Pura Tirtha Empul Bali makin mendunia!" sebut menteri asal Banyuwangi itu.

Mantan Dirut Telkom itu menyebut, eksplorasi destinasi wisata Bali tidak akan ada habisnya. Itulah yang membuat Pulau Dewata senantiasa hidup sustainable. Termasuk budaya dan keindahan alam di Pura Tirtha Empul.

"Budayanya unik, culturenya sangat oke, alamnya pun super keren. Momentumnya pas. Silakan eksplor Gianyar Bali. Welcome to Wonderful Indonesia!" kata Menpar Arief Yahya.