Brilio.net - Masa kecil, apalagi ketika awal Sekolah Dasar (SD), adalah masa di mana anak akan menjalani hari-hari dengan belajar sambil bermain. Namun nggak semua anak-anak di jenjang SD bisa merasakan waktu bermain yang cukup di usianya, karena harus berjuang membantu keluarga yang kurang dari sisi ekonomi.

Salah satunya bocah kelas 3 SD asal Marga asih, Bandung, Jawa Barat. Dia harus membantu meringankan beban ekonomi keluarganya dengan berjualan tahu isi. Lebih bikin terenyuh, dia harus mengayuh sepeda sejauh sembilan kilometer dan berarti menjadi 18 kilometer kalau bolak-balik dari jualan hingga pulang.

Dalam sebuah video yang diunggah seorang warganet ke media sosial, bocah kelas 3 SD yang nggak diketahui identitasnya ini mengakui bahwa dia berjualan tahu isi dengan varian rasa pedas dan gurih, dan biasa disebut gehu oleh orang Sunda di Bandung.

kisah haru bocah jual gorengan Instagram

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@viralterkini99

Dari pengakuan bocah kelas 3 SD ini, sebenarnya dia masih memiliki orangtua yang lengkap namun nggak bisa bekerja. Dia memilih bekerja untuk membantu ekonomi keluarga. Sang anak nggak menjelaskan lebih lanjut mengapa kedua orangtuanya nggak bisa bekerja.

"Orang tua di rumah nggak kerja, saya yg kerja," ucap bocah itu dalam bahasa Sunda.

Setiap harinya, bocah hebat ini harus berjualan gorengan tahu isi demi membantu keluarga dan agar tetap bisa menyambung hidup. Dengan jarak tempuh belasan kilometer pergi-pulang, dia harus bersepeda dengan hati-hati karena membawa box isi gorengan di bagian belakang sepeda.

kisah haru bocah jual gorengan Instagram

foto: Instagram/@viralterkini99

Unggahan ini akhirnya viral setelah disaksikan lebih dari 16 ribu kali walau baru 22 jam diunggah. Selain itu banyak warganet yang merasa salut dan mengungkapkan pendapatnya lewat kolom komentar.

"Meni bageur, meni leumeus c ujang ngawaleurna og," tulis akun @inayaberliana

"MasyaAllah ade, semangat jualannya," tulis akun @milafatih_28

"Katapang ke taman kopo indah 5 (TKI 5) lumayan jauuh banget.. Apalagi itu pake sepedah... Mudah2an di paparin kasehatan, keselamatan, kabagjaan, kebahagiaan, panjang umur nya jang... Mun pependak ku abi borong da," tulis akun @mirra.k993

"Intinya anak ini pengen bantu orang tuanya yang lagi gk ada pekerjaan dan berjualan itu keinginan anaknya sendiri," tulis akun @gilramadhans

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Saiful Ulum (@viralterkini99)