Brilio.net - Work from home (WFH) atau bekerja di rumah sudah banyak dilakukan orang karena demi terhindar dan melakukan penyebaran terhadap Virus Corona atau COVID-19. Kondisi seperti ini membuat kebanyakan orang yang terbiasa bekerja di kantor harus membiasakan diri dengan suasana rumah mereka masing-masing.

Bekerja di rumah memang banyak sekali cobaan dan bikin mati gaya. Bagaimana tidak, nuansa rumah yang lebih homey terkadang membuat pekerja menjadi lebih malas-malasan. Hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat produktivitas seseorang dalam bekerja.

Lalu bagaimana sih, meningkatkan produktivitas ketika harus bekerja di rumah? Berikut ini beberapa cara atau tips agar kamu bisa tetap produktif meski bekerja di rumah dan tetap merasakan bekerja layaknya di kantor. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (28/3), berikut 8 cara WFH agar kamu tetap produktif.


1. Pastikan koneksi lancar dan aman.

foto: 123rf.com



Selama kerja di rumah, maka koneksi internet menjadi sangat penting. Pasalnya kamu tidak akan bisa berkomunikasi atau menyelesaikan pekerjaan dengan baik jika internet tidak lancar. Jika kamu tidak menggunakan Wi-Fi, maka pilihlah operator yang memiliki jaringan kuat.


2. Atur waktu kerja.

Loading...

foto: microsoft.com



Meski kamu bekerja di rumah, bukan berarti kamu bisa bersantai. Kamu harus memiliki jadwal kerja yang teratur sesuai yang sudah ditentukan oleh kantor atau perusahaan tempat kamu bekerja.

Seperti diketahui, bekerja di rumah sangat berbeda dengan bekerja di kantor. Jika kamu berada di kantor, sangat mudah untuk membuatmu fokus terhadap apa yang kamu kerjakan. Karena, suasana begitu mendukung untukmu bekerja secara serius dan fokus.

Melihat kondisi bekerja di rumah yang terkadang membuat kamu malas, maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat aturan kerja. Dengan begitu kamu memiliki target dalam bekerja.


3. Komunikasi dengan tim.

foto: proofhub.com



Selama di rumah memang akan sedikit membosankan. Biasanya kamu bisa ngobrol atau bercanda dengan teman sekantor dan kamu juga sangat mudah mendapatkan informasi apapun mengenai perkembangan kerjaan kamu.

Selama di rumah, kamu harus tetap melakukan komunikasi dengan tim kerja kamu. Sebab selain menghilangkan rasa bosan, kamu juga tetap akan produktif dalam bekerja karena mengetahui setiap perkembangan pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Begitu juga dengan pekerjaan teman-temanmu.


4. Buat meja kerja yang nyaman.

foto: forbes.com



Jika kamu memiliki ruang kerja pribadi, maka tatalah sebaik mungkin dan senyaman mungkin. Pasalnya tempat kita bekerja menjadi sangat mendukung produktivitas kerja.

Tata meja senyaman mungkin, bila perlu buat suasana tempat kerja atau meja kerja kamu layaknya sebuah kantor. Pilih kursi yang nyaman agar kamu tidak merasa cepat lelah.

2 dari 2 halaman




5. Gunakan pakaian yang nyaman.

foto: blog.privy.id



Selama di rumah buat diri kamu senyaman mungkin dalam bekerja. Jika biasanya kamu harus menggunakan pakaian formal saat di kantor, di rumah kamu bisa menggunakan kaus atau celana pendek saja.

Namun jika hal itu tidak ampuh dan membuat kamu justru menjadi malas dan ingin rebahan, ada baiknya menggunakan pakaian kerja yang biasa kamu kenakan di kantor. Dengan begitu kamu bisa tetap merasa seperti pekerja di kantor.


6. Selalu standby dan aktif respons.

foto: kolaborato.com



Bekerja di rumah agar tetap produktif, kamu harus selalu merespons setiap pesan yang masuk. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih aktif dan bisa bekerja dan baik.

Selama bekerja dari jarak jauh, banyak hal yang perlu disampaikan oleh tim. Maka penting sekali merespons dengan cepat. Selain meningkatkan produktivitas diri sendiri, kamu juga tidak akan menghambat pekerjaan orang lain.


7. Bergerak setiap setengah jam.

foto: stocksy.com



Cara ini terbilang cukup efektif karena bisa menghilangkan rasa bosan dan lelah ketika sedang bekerja. Kamu bisa bersantai sejenak dengan menikmati secangkir kopi atau teh.

Menikmati halaman rumah atau menikmati suasana teras rumah sejenak akan membuat kamu kembali bersemangat. Namun ingat, tidak perlu berlama-lama, karena kamu masih harus menyelesaikan pekerjaan.


8. Mindset 'pergi bekerja'.

foto: kiplinger.com



Cara lain yang paling penting adalah dengan mempersiapkan mindset kamu bahwa kamu pergi bekerja. Sehingga kamu tidak merasa malas ketika sedang bekerja.

Bekerja di rumah memang banyak sekali cobaannya, terutama rasa malas. Kamu harus bangun pagi, mandi, sarapan dan lainnya layaknya kamu hendak berangkat bekerja.

Semangat ya!




[crosslink_1]