Brilio.net - Kalau kamu ke luar negeri pastinya bareng keluarga atau teman. Tapi berani nggak melancong ke negara yang belum pernah kamu kunjungi seorang diri? Sudah pasti nyasar deh. Inilah yang rata-rata dirasakan 30 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Mereka ini muridnya Rhenald Kasali, Guru Besar Fakultas Ekonomi UI yang selalu mengedepankan pemikiran perubahan (change) itu lho.

Para mahasiswa ini sejatinya sedang kuliah lewat program 30 Paspor. Cuma nggak di dalam kelas. Tapi di negeri orang sambil jalan-jalan. Mereka itu sedang mengejawantahkan materi kuliah pemasaran internasional yang diajarkan pendiri Rumah Perubahan itu. Rhenald sengaja menerapkan metode ini untuk mengajarkan para mahasiswa menghadapi tantangan sekaligus mencari jalan keluarnya.

Rupanya, banyak kisah lucu, unik dan menarik lho yang dirasakan mahasiswa. Ada yang kehabisan pulsa, nyasar sudah pasti, jadi minoritas, hingga tertipu.

Tengok saja pengalaman Farida Hasna yang memilih pergi ke Australia. Saat pertama kali mendarat di Darwin pada 13 April, Farida merasa seperti minoritas. Dia satu-satunya cewek berjilbab saat itu.

Nah di hari kedua, niatnya pengen ke art gallery malah salah turun bus, hasilnya nyasar. Frida juga sempat dimarahi sopir bus ketika pertama kali naik bus kota di Darwin karena nggak punya tiket.

Loading...

Duh…cerita selanjutnya KLIK NEXT.