×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Inspirasi kerajinan tangan dari bekas peraga kampanye, kreatif abis

View Image

0

BRILIO » Wow

6 Inspirasi kerajinan tangan dari bekas peraga kampanye, kreatif abis

Daur ulang alat peraga kampanye dalam rangka mengurangi jumlah sampah.

17 / 04 / 2019 07:01

Brilio.net - Masa kampanye Pemilu 2019 telah berakhir sejak 14 April lalu. Sejak hari itu, seluruh aktivitas kampanye di seluruh Indonesia sudah tidak diperbolehkan lagi dilaksanakan. Selain aktivitas kampanye yang dilarang, memasuki masa tenang alat peraga kampanye tidak diperbolehkan lagi untuk dipasang di luar ruangan. Alat peraga kampanye seperti bendera, spanduk, hingga baliho pun harus dicopot memasuki masa tenang hingga hari pencoblosan.

Alat peraga kampanye yang kebanyakan berbahan kain spanduk hingga bambu pun tidak lagi berfungsi. Tidak sedikit dari alat peraga kampanye yang langsung dibuang sebagai sampah yang tidak lagi digunakan. Dengan jumlah alat peraga yang sangat banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, tentu bekas alat peraga kampanye akan memenuhi tempat-tempat pembuangan sampah. Belum lagi, bekas peraga kampanye yang tidak dibuang ke tempat sampah berpotensi merusak lingkungan seperti menyumbat saluran air dan sebagainya.

Padahal, daripada menjadi sampah, bekas alat peraga kampanye tersebut dapat dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki nilai guna hingga kerajinan tangan yang menarik. Dengan cara mendaur ulangnya menjadi barang yang berguna tentu akan mengurangi jumlah sampah yang berasal dari bekas alat peraga kampanye.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bahkan sampai membuat lomba daur ulang alat peraga kampanye dalam rangka mengurangi jumlah sampah. Tidak main-main, hadiah puluhan juta disiapkan untuk 10 pemenang lomba tersebut.

Tertarik dengan lomba yang diadakan Ganjar Pranowo? Lalu apa saja kerajinan tangan yang bisa dibuat dari daur ulang bekas alat peraga kampanye? Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (17/4), berikut brilio.net merangkum 5 inspirasi kerajinan tangan dari bekas peraga kampanye.

Loading...

1. Tas cantik.

inspirasi bekas peraga kampanye © 2019 brilio.net

foto: antarafoto.com

Sekelompok warga di Surabaya, Jawa Timur memanfaatkan bekas alat peraga kampanye yang sebagian besar berbentuk spanduk menjadi bahan membuat tas yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Untuk dapat dimanfaatkan menjadi tas cantik, bekas alat peraga kampanye itu dicuci terlebih dahulu dan kemudian dibentuk sedemikian rupa. Selanjutnya, bekas spanduk dijahit menjadi sebuah tas lengkap dengan pegangannya. Untuk mempercantik tas, gambar atau ornamen dapat ditambahkan sesuai keinginan. Tas-tas hasil kreasi bekas peraga kampanye dapat kamu manfaatkan sebagai tempat makanan atau sekadar membawa barang-barangmu.

2. Cover sadel sepeda.

inspirasi bekas peraga kampanye © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@mamankyake

Kalau kamu tidak mau ribet untuk mengkreasikan bekas peraga kampanye, ide ini mungkin cocok karena sangat sederhana. Bekas alat peraga kampanye yang berbahan spanduk dapat kamu manfaatkan sebagai cover atau pelapis sadel sepedamu yang mungkin sudah rusak. Dengan begitu sadel akan lebih nyaman untuk diduduki.

3. Trash bag.

inspirasi bekas peraga kampanye © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@parong.pong

Parangpong, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen sampah punya inspirasi menarik dalam mengolah bekas alat peraga kampanye. Kini, mereka tengah mengumpulkan bekas alat peraga kampanye yang akan dimanfaatkan sebagai bahan membuat kantong sampah serbaguna atau trash bag. Pengelolaannya pun menggunakan alat daur ulang yang moderen. Hasil olahan trash bag dari bekas alat peraga kampanye itu akan dipamerkan pada sebuah acara di akhir April nanti.

4. Pouch gantung.

inspirasi bekas peraga kampanye © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mahmudative

Buat kamu yang punya barang-barang yang berantakan dan tercecer di mana-mana, inspirasi kerajinan dari bekas peraga kampanye ini bisa kamu coba. Dengan memanfaatkan bekas spanduk, bambu, dan tali, kamu bisa membuat pouch gantung yang berguna untuk menyimpan dan meletakkan barang kita agar lebih rapi di rumah.

5. Topi.

inspirasi bekas peraga kampanye © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ayujahitpajaten

Kreasi dari bekas peraga kampanye ini tidak kalah menarik. Dengan memanfaatkan potongan-potongan spanduk yang dibentuk sedemikian rupa, sebuah topi menarik bisa kamu buat. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya butuh menyiapkan pelapis spanduk dari kardus dan sejenisnya yang dibentuk menjadi topi yang dapat berguna untuk melindungi kepala dari cuaca panas.

6. Hiasan bunga.

inspirasi bekas peraga kampanye © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ella_noorman

Dengan kreativitasmu, kumpulan spanduk bekas alat peraga kampanye ternyata juga dapat kamu manfaatkan menjadi bahan membuat hiasan bunga yang menarik. Hiasan bunga itu dapat bermanfaat menjadi penghias ruangan di rumah seperti di meja tamu atau di ruang keluarga. Meski terlihat rumit, hiasan bunga seperti ini relatif mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan. Kamu hanya butuh menyiapkan bekas botol dan sejenisnya yang digunakan sebagai pot. Bentuk bunganya pun dapat kamu kreasikan sesuka selera.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    100%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more